December 11, 2008

Dusun Katumbangan “miniatur dua kabupaten”

Tags



Dusun katumbangan adalah salah satu dusun yang terletak disebelah timur kantor kecamatan Campalagian dan termasuk dalam wilayah administratif desa katumbangan lemo Kec. Campalagian Kabupaten Polman provinsi Sulawesi Barat.
Sepintas dusun kecil ini seperti dusun-dusun lain di kabupaten polman dihiasi begitu banyak pohon kelapa disekitar jalur masuk dari ibu kota kecamatan tepatnya disamping kantor camat campalgian. Tetapi yang unik adalah penduduk di ”kampung” ini menggunakan dua dialek mandar yang berbeda. Sekitar 46 % penduduk dusun katumbangan menggunakan dialek mandar tande dan selebihnya menggunakan dialek polman pada umumnya. Perbedaan dialek ini konon karena adanya perpindahan penduduk dari tande ke katumbangan sekitar tahun 40-an. Pendek kata dusun katumbangan dapat mewakili dialek dua “kabupaten diwilayah sulbar”.
Menurut cerita turun temurun, penduduk pertama di dusun katumbangan adalah petani dari samasundu yang membuka hutan di wilayah tersebut, orang pertama inilah kelak yang melahirkan keturunan-keturunan sampai keturunan ke- 6 saat ini. Alkisah, terjadilah kekacauan besar-besaran diwilayah tande sehingga memaksa penduduk untuk mencari tempat tinggal baru. Entah bagaimana ceritanya sampailah mereka di dusun katumbangan yang saat itu hanya dimiliki oleh satu keluarga. Penduduk pertama ini kemudian bersedia berbagi tanah dengan pendatang dan tinggallah dua keluarga ini dengan rukun sampai sekarang, dan tidak pernah ada konflik yang terjadi diantara mereka. Bahkan keturunan-keturunan mereka telah mengadakan perkawinan silang. Padahal, penduduk katumbangan dikenal keras oleh masyarakat disekitarnya.
Jika kita tinjau lebih bijak, dusun katumbangan adalah cermin “mammesana tomandar”. Ditengah pergulatan politik yang mengancam perpecahan masyarakat mandar, sikap seperti ini patut dimiliki oleh masyarakat sulbar bahwa entah bagaimanapun perbedaan dialek, wilayah, keturunan dan bahkan agama, kita harus selalu menjaga kerukunan sebagai masyarakat mandar dan bersama-sama membangun sulbar demi masa depan bersama. Salam damai selalu.....!!!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon