December 11, 2008

masihkah anda takut dengan fisika?

Tags

-->
Meskipun belum diteliti secara ilmiah, tetapi sudah menjadi rahasia umum bahwa pelajaran fisika telah menjadi salah satu momok yang “menakutkan” bagi siswa-siswi SMA maupun SMP. Persepsi sepeti ini sudah turun-temurun dari generasi ke generasi. Tentunya, kita tidak boleh tinggal diam dengan fenomena ini mengingat fisika mempunyai peranan yang sangat besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Fisika adalah cabang sains yang mengungkap fenomena-fenomena alam dalam konsep pengukuran (defenisi saya sendiri). Ilmu fisika itu sendiri sebenarnya telah kita ketahui jauh sebelum kita berkenalan dengan fisika di bangku sekolah. Sebagai contoh, kita tahu bahwa sebuah benda yang diangkat kemudian dilepaskan akan jatuh padahal kita belum kenal hukum Newton, kita tahu bahwa air yang panas dicampur air dingin akan mengalami perubahan suhu padahal kita belum tahu hukum termodinamika, kita tahu orang yang berlari akan mempunyai waktu tempuh lebih kecil dibanding orang yang jalan kaki. Dan banyak lagi contoh lain.. jadi aneh bagi saya jika kita menakuti pelajaran fisika.
Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa konsep fisika telah ada di kepala kita sebelum kita mempelajarinya. Adapaun rumus-rumus Fisika sendiri hanyalah pelengkap untuk kepentingan ketelitian dalam pengamatannya. Agar kita lebih memahami keteraturan-keteraturan alam ciptaan Allah SWT. Dan tentunya agar kita tetap bersyukur atas ciptaan-Nya.
Untuk adik-adik yang sempat mampir di sini... saya harap bisa mengenali fisika sebelum benar-benar menakuti. Dan saya sangat yakin adik-adik akan tertarik setelah mengenalnya. Apalagi jika adik-adik atau teman-teman adalah seorang muslim karna konsep fisika sesungguhnya telah ada dalam Alqur’an kitab suci kita semua.. wassalam

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon