January 13, 2017

MEMBUAT SOAL PILIHAN GANDA INTERAKTIF DENGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR

Banyak teman-teman yang berprofesi sebagai guru mengeluh saat msim ujian datang. Bukan soal apa, kebanyakan kewalahan memeriksa jawaban siswa yang jumlahnya sampai ratusan. apalagi jika diperiksa secara manual di kertas jawaban. bisa menyita waktu dan tenaga yang ekstra.
Di era teknologi seperti sekarang ini banyak bertebaran sofware pembuat soal interaktif. salah satu yang populer digunakan adalah wondershare quis creator. sofware ini lumayan mudah digunakan dan memiliki banyak fitur yang cocok untuk para guru. untuk mendapatkan sofware ini anda bisa membelinya langsung di situs resmi wondershare. Akan tetapi banyak juga bertebaran crack-craknya di goggle(bajakannya) dan tentu saja ilegal.
Pada postingan kali ini akan diulas tutorial sederhana menggunakan Wondershare Quiz Creator yang bisa digunakan teman-teman guru untuk membuat soal interaktif.
kita langsung saja mulai tutorialnya ya :


Tentu saja anda harus menginstal softwarenya dulu. setelah selesai, buka aplikasi wondershare quiz creator dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut :
pilih menu create new quiz (tanda panah) untuk membuat soal baru
kemudian pilih menu multiple choice


selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini :

perhatikan petunjuk pada gambar, masukkan soal dan pilihan jawabannya, tandai jawaban yang benar, kemudian tentukan skor soal tersebut. untuk soal berikutnya pilih new question

setelah seluruh soal selesai sesuai jumlah yang diinginkan, dimulailah tahap selanjutnya yaitu mengatur petunjuk soal pada menu quiz propertis seperti gambar dibawah
klik menu yang lingkari merah dan akan tampil beberapa pengaturan.
aturlah sesuai keinginan anda dengan memperhatikan keterangan gambar berikut
judul dan petunjuk soal bisa diubah sesuai keinginan. setelah itu beralih kemenu quiz setting dan disesuaikan seperti gambar berikut :
saya sarankan pengiriman jawaban submit all at once. agar peserta quiz satu kali mengirim jawaban yang telah selesai dan tidak mengirim satu persatu jawabannya per nomor.
setelah selesai klik "ok"
Tahap terakhir adalah publishing

silahkan memilih bentuk publishingnya. sesuai keinginan anda. Sebagai tahap awal belajar, jika anda menggunakan komputer yang tidak terhubung kejaringan sebaiknya pilih publish to my computer kemudian web. 
Dan akhirnya kita bisa menikmati kuis interaktif sederhana dengan skor soal yang langsung tampil setelah di publish oleh peserta quiz. jadi tidak perlu repot diperiksa lagi satu persatu jawabannya secara manual.
Demikianlah postingan kali ini tentang membuat soal pilihan ganda interaktif secara sederhana, semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon