January 26, 2017

Siapakah Isaac Newton?

Tags
Isaac Newton bisa dikatakan sebagai bapak mekanika klasik. Buku paling fenomenal yang dipublikasikan pada 5 juli 1687adalah Philosophiae Naturalis Principia Mathematica . Sebuah buku yang menjelaskan tentang gaya gravitasi dan tiga hukum gerak. Ketiga hukum ini kemudian dikenal dengan hukum 1,2, dan 3 Newton yang sampai sekarang masih dipelajari di sekolah-sekolah. Kontribusinya dalam ilmu pengetahuan sangat luar biasa. Dia juga menjadi peletak dasar dalam bidang kalkulus dan optika. Newton adalah ilmuwan yang percaya bahwa matematika adalah cara untuk menjelaskan hukum-hukum alam.

Newton sebenarnya lahir pada tanggal 4 januari 1643 Masehi. Kalender Julian yang masih mempengaruhi perhitungan kala itu justru menetapkan ia lahir pada tanggal 25 desember 1642. Ia lahir tiga bulan setelah ayahnya yang bernama Isaac Newton juga meninggal dunia. Ibunya Hannah Ayscough menyatakan bahwa Newton lahir prematur dan bisa masuk kedalam sebuah cangkir. Pada usia tiga tahun ibunya menikah lagi. Newton memiliki hubungan yang buruk dengan ayah tirinya. Ia besar dibawah asuhan sang nenek Margery Ayscough. 

Newton awalnya bersekolah di sekolah desa. kemudian ia dipindahkan ke  The King's School yang terletak di Grantham. Keluarganya ingin memberhentikan ia dari sekolah agar bisa menjadi petani. Akan tetapi, keluarganya berhasil diyakinkan untuk kembali menyekolahkan Newton hingga ia tamat pada usia 18 tahun.  Pada Juni 1661, Newton diterima di Trinity College Universitas Cambridge. Disanalah ia menemukan teorema binominal umum yang selanjutnya disebut kalkulus. 
Setelah menyelesaikan studinya pada tahun 1665, Newton kembali ke universitas untuk mengajar. semasa mengajar ia meneliti tentang refraksi cahaya. Dia berhasil menunjukkan bahwa cahaya putih yang melalui sebuah prisma dapat diuraikan menjadi cahaya berbagai warna.Teori warna Newton kemudian menegaskan bahwa benda tidak memiliki warna tetapi cahaya yang memberi warna pada benda.

Dimasa tuanya Newton menjadi anggota Parlemen Inggris dari tahun 1689 sampai 1690, dan pada tahun 1701. Tetapi karir politiknya tidak begitu baik. Newton pindah ke London untuk menempati posisi pengawas Percetakan Uang Logam Kerajaan. Pada tahun 1717 Newton memindahkan standar Poundsterling ke standar perak dari standar emas, dengan menentukan hubungan bimetalik antara koin emas dan koin perak yang menguntungkan koin emas. Ini menyebabkan koin perak serling dilebur dan dikapalkan ke luar Britania. Newton diangkat sebagai Presiden Royal Society pada tahun 1703 dan menjadi rekan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis (Académie des Sciences). Pada April 1705 Ratu Anne mengangkat Newton sebagai Kesatria pada saat kunjungan ke Trinity College Cambridge, sehingga namanya menjadi Sir Isaac Newton. Mendekati akhir hayatnya, Newton bertempat tinggal di Cranbury Park, dekat Winchester dengan kemenakan perempuannya, sampai ia wafat pada tahun 1727.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon