February 12, 2017

Al-Khwarizmi (Ilmuwan Muslim : Ahli Matematika)

Tags
foto:jmmi.its.ac.id
Setiap orang yang pernah mempelajari matematika tentu akrab dengan kata algoritma dan aljabar. Penting untuk diketahui bahwa algoritma itu berasal dari kata Algorismi (Algorism) yang merupakan sebutan ilmuwan barat pada al-Khwarizmi. Aljabar sendiri adalah singkatan dari judul bukunya yaitu al-Jabr wa al-Muqabilah. Sebuah buku yang menjelaskan tentang Tabel trigonometri dan sejumlah teori Kalkulus Dasar. Wajar kalau ia kemudian disebut sebagai Bapak Aljabar.

Nama asli al-Khwarizmi adalah abu Ja'far Muhammad bin Musa al-Khwarizmi. Ia lahir di Khwarizmi (sekarang wilayah Uzbekistan) pada tahun 780. Orangtuanya kemudian bepindah ke Baghdad Irak pada saat ia masih kecil. Pada masa itu, Irak dibawah pemerintahan Khalifah al-Ma'mun (813-833). Sedikit yang diketahui tentang kisah hidupnya. Ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan di Baghdad. Sekolah yang didirikan oleh Khalifah Bani Abbasiyah Al-Ma'mun, tempat ia belajar ilmu alam dan matematika, termasuk mempelajari terjemahan tulisan Sanskerta dan Yunani.

Karya karya al-Khwarizmi banyak diterjemahkan dalam bahasa latin. Al-Kitāb al-mukhtaṣar fī ḥisāb al-jabr wa-l-muqābala (Kitab yang Merangkum Perhitungan Pelengkapan dan Penyeimbangan) adalah buku matematika yang ditulis pada tahun 830. Kitab ini merangkum definisi aljabar. Terjemahan ke dalam bahasa Latin dikenal sebagai Liber algebrae et almucabala oleh Robert dari Chester (Segovia, 1145) dan juga oleh Gerardus dari Cremona. Al-Khwarizmi sendiri mengoreksi sebuah tulisan karya Diophantus dari Yunani mengenai aljabar. teori itu ia jelaskan kembali kemudian dikembangkan olehnya dengan menambahkan beberapa rumus termasuk rumus segitiga dan menyusun Daftar logaritma.

Dalam kitab tersebut diberikan penyelesaian persamaan linear dan kuadrat dengan menyederhanakan persamaan menjadi salah satu dari enam bentuk standar (di sini b dan c adalah bilangan bulat positif)
  • kuadrat sama dengan akar (ax2 = bx)
  • kuadrat sama dengan bilangan konstanta (ax2 = c)
  • akar sama dengan konstanta (bx = c)
  • kuadrat dan akar sama dengan konstanta (ax2 + bx = c)
  • kuadrat dan konstanta sama dengan akar (ax2 + c = bx)
  • konstanta dan akar sama dengan kuadrat (bx + c = ax2)
Al-Khwarizmi juga menghasilkan karya dibidang astronomi. Ia membuat tabel pengelompokan ilmu perbintangan. Buku Zīj al-sindhind adalah karya yang terdiri dari 37 simbol pada kalkulasi kalender astronomi dan 116 tabel dengan kalenderial, astronomial dan data astrologial sebaik data yang diakui sekarang. 
Ia wafat pada tahun 850. Karya-karyanya terus diterjemahkan kedalam bahasa-bahasa  di Eropa bahkan diterjemahkan dalam bahasa Cina. Beberapa versi asli karyanya yang berbahasa arab justru hilang sehingga yang sering ditampilkan adalah terjemahan latinnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon