June 29, 2017

Model Pembelajaran Koperatif

foto : eureka pendidikan

Inti model pembelajaran koperatif adalah siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil, yang anggota-anggotanya memeliki tingkat kemampuan yang berbeda (heterogen). Dalam memahami suatu bahan pelajaran dan menyelesaikan tugas kelompok, setiap anggota saling bekerjasama sampai seluruh anggota menguasai bahan pelajaran tersebut. Dalam variasinya ditemui banyak tipe pendekatan pembelajaran koperatif misalnya STAD (Student Teams Achievement Division), Jigsaw, Investigasi Kelompok, dan Pendekatan Struktural, namun tidak dikemukakan dalam materi diklat ini. 

Rasional teoritik yang melandasi model ini adalah  teori konstruktivisme Vigotsky yang menekankan pentingnya  sosiokultural dalam proses belajar seperti tersebut di muka,  dan teori pedagogi John Dewey yang menyatakan bahwa kelas seharusnya merupakan miniatur masyarakat dan berfungsi sebagai laboratorium untuk belajar kehidupan nyata. Guru seharusnya menciptakan di dalam lingkungan belajarnya suatu sistem sosial yang bercirikan demokrasi dan proses ilmiah.

Tujuan yang dapat dicapai melalui model pembelajaran ini adalah hasil belajar akademik yakni penguasaan konsep-konsep yang sulit, yang melalui kelompok koperatif lebih mudah dipahami karena adanya tutor teman sebaya, yang mempunya orientasi dan bahasa yang sama. Disamping  itu hasil belajar keterampilan sosial yang berupa keterampilan koperatif (kerjasama dan kolaborasi) juga dapat dikembangkan melalui model pembelajaran ini. 

Sintaks atau langkah-langkah pembelajaran meliputi  6 fase, dengan peran guru pada tiap fase dapat dilihat seperti  pada tabel 3

Baca Juga

Lingkungan belajar dan sistem pengelolaan pada model pembelajaran koperatif ini dicirikan oleh   proses demokrasi dan peran aktif siswa dalam menentukan apa yang harus dipelajari dan bagaimana  mempelajarinya. Dalam pengaturan lingkungan diusahakan agar materi pembelajaran yang lengkap tersedia dan dapat diakses setiap siswa, serta guru menjauhi kesalahan tradisional yakni secara ketat mengelola tingkah-laku siswa dalam kerja kelompok.

Sumber : Materi Pelatihan Guru IPA, disusun Oleh Jumadi

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon