July 26, 2017

Pendekatan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA

gambar : pinterest
Pendekatan lingkungan adalah pendekatan proses dengan lingkungan sebagaisarana atau media untuk memperkenalkan lingkungan kepada peserta didik dalam mengembangkan aspek kognitif. Saat ini pendekatan lingkungan tidakhanya sekedar mengembangkan aspek kognitif saja, tetapi lebih diutamakan untuk mengembangkan aspek afektif, yaitu dengan tujuan supaya orang mau terlibat, mau menangani dan mau memelihara lingkungan. 
Pendekatan lingkungan dalam proses belajar dan pembelajaran  IPA  adalahpemanfaatan lingkungan  sebagai sarana pendidikan. Dalam pembelajaran  IPA, relevansi pembelajaran dengan lingkungannya dapat dicapai dengan memanfaatkan lingkungan peserta didik sebagai laboratorium alam. 

Ciri-Ciri Pendekatan Lingkungan 

Pendekatan lingkungan dalam  pembelajaran mempunyai ciri-ciri sebagaiberikut (Dahar,1982) : 
  1.  Yang dimaksud dengan lingkungan, mencakup semua benda dan keadaan yang mempengaruhi peserta didik. 
  2. Isi pelajaran disesuaikan dengan keadaan lingkungan peserta didik dan penerapan-penerapan IPA. 
  3. Penyusunan bahan ajar berkisar pada suatu tema atau topik. 
Pendekatan Lingkungan dalam Kegiatan Pembelajaran IPA 
Pendekatan lingkungan dapat dilakukan dalam bentuk mengajak peserta didikmengadakan pengamatan langsung ke  lapangan atau dengan jalanmemindahkan kondisi lapangan ke kondisi yang lebih ideal yaitu pengamatandan penelitian dalam laboratorium (Novak, 1973). Pengamatan di dalam

Baca Juga

laboratorium alam bagi peserta didik akan memberikan kesan dan pengertian yang lebih mendalam dibandingkan bila suatu masalah didapat secara verbal saja. Melalui pengamatan, peserta didik berkesempatan untuk melihat proses dan berkesempatan melakukan pekerjaan ilmiah, yaitu membuat hipotesa, mengumpulkan data serta menguji kebenaran hipotesa yang dibuatnya.
Sebagai contoh. Peserta didik mengamati proses terjadinya alkohol dalam peragian singkong. Dalam proses pembuatan tape ini terjadi reaksi : 
C6 H12 O6 → 2 C2 H5 OH + 2 CO2
Dalam proses pembelajaran ini peserta didik dapat mengamati : 1) reaksi organik pada umumnya  berjalan lambat; 2) pembentukan alkohol dapat dipercepat dengan kenaikan suhu, atau sebaliknya proses diperlambat dengan penurunan suhu yaitu dimasukkan dalam lemari es. 

Perlunya Pendekatan Lingkungan 
Pembelajaran  IPA  yang berorientasi pada lingkungan  akan memberi kesempatan peserta didik memahami proses  IPA  yang berkaitan dengan lingkungannya, hal ini akan menumbuhkan kesadaran keberadaan peserta didik dalam ekosistemnya.  
Selain hal tersebut di atas, lingkungan hidup sebagai sarana pendidikan memberikan keuntungan dan kelebihan bagi peserta didik yaitu : 
  • Pengamatan langsung akan memberikan dorongan untuk memiliki pengetahuan lebih jauh tentang masalah yang dihadapi; 
  • Alat atau bahan tidak perlu dibeli dengan biaya mahal; 
  • Dapat digunakan setiap waktu dan terdapat di mana-mana.
Sumber : Modul GP P4TK IPA

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon