July 08, 2017

Perkembangan Peserta Didik

Foto : linkeln.com
 1. Perkembangan peserta didik 

Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua istilah yang berbeda,  tetapi tidak berdiri sendiri. Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan alamiah secara kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan  struktur biologis. 

Menurut Libert, Paulus, dan Strauss (Sunarto, 2002: 39) bahwa  perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksinya dengan lingkungan. Dengan demikian pada batas-batas tertentu perkembangan dapat dipercepat melalui proses belajar.

 
2. Keragaman Karakteristik Individual Peserta didik

Peserta didik yang melakukan kegiatan belajar atau proses pendidikan adalah individu Karena itu  dalam proses dan kegiatan belajar peserta didik tidak  bisa dilepaskan dari karakteristik, kemampuan dan perilaku individualnya. 

Menurut Makmun (2009:53) keragaman karakteristik peserta didik yang paling penting dipahami oleh guru adalah keragaman dalam kecakapan (ability) dan kepribadian. 

Keragaman individual terjadi karena adanya interelasi dan interdependensi antara faktor  pembawaan faktor lingkungan dan kematangan (siap berfungsinya aspek-aspek psikofisik individu).

Baca Juga


3. Perkembangan Masa Remaja

Masa remaja merupakan periode yang penting, yaitu perubahan-perubahan yang dialami masa  ini  akan memberikan dampak langsung pada individu dan  mempengaruhi  periode  selanjutnya. 

Perkembangan fisik dan mental yang cepat menuntut remaja untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut dan membentuk perilaku, nilai, dan sikap baru. 

Masa remaja menurutt Mappiare (Ali, 2014:9) dibagi menjadi masa remaja awal, yaitu usia 12/13 sampai 17/18 tahun, dan remaja akhir, yaitu 17/18 tahun sampai 21/22  tahun. Selanjutnya,  Santrock (2007:20-21)  bahwa masa remaja awal (early adolescence) kurang lebih berlangsung pada usia menengah pertama atau menengah akhir.  

Menurut Erickson (Santrock, 2010:87) masa remaja merupakan masa berkembangnya  self-identity  (kesadaran akan identitas diri). Remaja harus memutuskan siapakah dirinya, apa keunikannya, apa tujuan hidupnya. 

BIla remaja berhasil menemukan jati dirinya, maka akan memiliki kepribadian yang sehat. Sebaliknya apabila gagal mengatasi krisis identitas, maka akan mengalami kebingungan (confusion) sehingga cenderung memiliki kepribadian yang tidak sehat (maladjustment). 

4. Tugas-tugas Perkembangan Peserta Didik

Menurut Havigurst (Hurlock, 2013:9) tugas-tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada saat atau sekitar suatu periode tertentu dari kehidupan individu. Tugas-tugas perkembangan  remaja adalah sebagai berikut:
  • Mencapai hubungan-hubungan yang baru dan lebih matang dengan teman-teman sebaya dari kedua jenis;
  • Mencapai suatu peranan sosial sebagai pria dan wanita;
  • Menerima dan menggunakan fisik secara efektif;
  • Mencapai kebebasan emosional dari orangtua dan orang lainnya;
  • Mencapai kebebasan keterjaminan ekonomi;
  • Memilih dan mempersiapkan diri untuk suatu pekerjaan/jabatan;
  • Mempersiapkan diri untuk persiapan pernikahan dan berkeluarga;
  • Mengembangkan konsep-konsep dan keterampilan intelektual yang diperlukan sebagai warga negara yang kompeten;
  • Secara sosial menghendaki dan mencapai kemampuan bertindak secara bertanggung jawab; dan
  • Mempelajari dan mengembangkan seperangkat sistem nilai-nilai dan etika sebagi pegangan untuk bertindak.
5.  Identifikasi Keragaman Karakteristik Peserta didik

Keragaman karakteristik peserta didik yang paling penting dipahami oleh guru adalah keragaman dalam kecakapan (ability) dan kepribadian. Guru dapat mengidentifikasinya, antara lain melalui: 
  • Pengamatan,  guru mengamati perilaku peserta didik pada saat KBM dengan menggunakan pedoman pengamatan, dan pengamatan insidentil. 
  • Wawancara, angket atau inventori, dan studi dokumentasi. 
  • Bekerja sama dengan wali kelas dan guru BK. 
  • Informasi dari rekan guru dan orangtua serta teman-teman peserta didik.
6.  Implementasi dalam Pembelajaran
Dalam pembelajaran  guru harus memperhatikan  tahap dan tugas-tugas perkembangan serta keragaman karakteristik individu diantaranya  yaitu: 
  • Menyusun RPP yang sesuai dengan tahap dan  tuigas perkembangan peserta didik pada masa remaja.
  • Guru perlu merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman karakteristik peserta didik, dan menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif agar mereka dapat belajar secara optimal.
  • Adanya  perbedaan dalam kecepatan   perkembangan, maka dalam pembelajaran perlu adanya pendekatan individualitas disamping kelompok
  • Guru memberi motivasi kepada setiap peserta didik agar  berperilaku yang sesuai oleh kelompok sosial pada masa remaja.
Sumber : Modul GP SMP PPPPTK IPA 2016

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon