July 10, 2017

Teori Belajar Gagne


Teori belajar yang dikemukakan oleh Robert M Gagne (1985) merupakan  perpaduan antara konsep behaviorisme dan kognitivisme, yang berpangkal pada teori proses informasi. Menurut Gagne, cara berpikir seseorang tergantung pada: 
  • Keterampilan apa yang telah dipunyainya, 
  • Keterampilan serta hirearki apa yang diperlukan untuk mempelajari suatu tugas. 
Selanjutnya Gagne berpendapat bahwa di dalam proses belajar terdapat dua fenomena, yaitu: (1) keterampilan intelektual yang meningkat sejalan dengan meningkatnya umur serta latihan yang diperoleh individu, dan (2) belajar akan lebih cepat apabila strategi kognitif dapat dipakai dalam memecahkan masalah secara lebih efisien.
Gagne (1985), menyebutkan adanya lima macam hasil belajar yaitu: 
(1)  Keterampilan  intelektual, atau pengetahuan prosedural yang mencakup belajar diskriminasi, konsep, prinsip, dan pemecahan masalah, yang kesemuanya diperoleh melalui materi yang disajikan
di sekolah.  Menurut Gagne (1985), terdapat hierarki keterampilan intelektual yang berbeda. Setiap keterampilan pada hierarki  tersebut merupakan prasyarat  yang harus  dikuasai siswa untuk mempelajari keterampilan-keterampilan  berikutnya.  Keterampilan  intelektual sederhana ke kompleks adalah sebagai berikut.

(2)  Strategi kognitif, yaitu kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah baru dengan jalan mengatur proses internal masing-masing individu dalam memperhatikan, belajar, mengingat dan berpikir.  Sebagai contoh apabila siswa menggunakan metode kata kunci untuk  mengingat arti dari istilah-istilah dalam biologi, maka siswa akan menggunakan strategi kognitif untuk pengkodean informasi tersebut. 
Kondisi belajar yang harus diperhatikan ketika proses belajar adalah sebagai berikut.
  • Siswa harus memiliki beberapa materi atau masalah untuk dapat bekerja sehingga dapat dilatihkan.
  • Siswa harus mendapat kejelasan dari deskripsi strategi yang memungkinkan dipilih.
  • Siswa harus berlatih strategi kognitif dalam berbagai situasi dan dengan permasalahan baru.

(3)  Informasi verbal, yaitu kemampuan untuk mendeskripsikan sesuatu dengan kata-kata dengan jalan mengatur informasi-informasi yang relevan. Kondisi internal yang harus diperhatikan guru adalah bahwa siswa harus  memiliki suatu kumpulan pengetahuan  yang terorganisasi (struktur kognitif) dan strategi–strategi untuk memroses (encoding) informasi baru. Sedangkan  kondisi eksternal    yang  harus diperhatikan  guru antara lain  adalah tujuan  belajar  informasi  verbal harus jelas  dan materi  baru harus disajikan  secara  bermakna, sehingga siswa dapat memprosesnya.

Baca Juga

(4)  Keterampilan motorik, yaitu kemampuan untuk melaksanakan dan mengkoordinasikan gerakan-gerakan yang berhubungan dengan otot.  Dalam keterampilan  motorik,  terdapat dua komponen, yaitu komponen pertama adalah aturan yang menggambarkan bagaimana membuat gerakan, sedangkan komponen kedua adalah memperagakan gerakan itu sendiri, misalnya menggunakan mikroskop.

Kondisi belajar yang harus diperhatikan guru, adalah:
  • Memberikan arahan, seringkalidalam bentuk  verbal, penjelasan urutan dari langkah-langkah suatu kegiatan/gerakan.
  • Memberikan umpan balikyang segeraterhadap penampilan yang tepat yang telah diperagakan siswa.
  • Memberikan  latihan sesering mungkin  untuk  menanggulangi gerakan.

(5)  Sikap, yaitu suatu kemampuan internal yang mempengaruhi tingkah laku seseorang, dan didasari oleh emosi, kepercayaan-kepercayaan serta faktor intelektual.
Belajar  menurut  Gagne tidak merupakan  sesuatu  yang  terjadi secara alamiah, tetapi  hanya  akan  terjadi dengan adanya kondisi tertentu , yaitu kondisi internal dan kondisi eksternal. Kondisi internal,
antara lain yang menyangkut kesiapan siswa dan apa yang telah dipelajari sebelumnya (prerekuisit), sedangkan  kondisi eksternal merupakan situasi belajar dan penyajian stimulus yang secara sengaja diatur oleh guru dengan tujuan memperlancar proses belajar. Tiap-tiap jenis hasil belajar tersebut di atas memerlukan kondisi-kondisi tertentu yang perlu diatur dan dikontrol.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon