July 30, 2017

Tujuan Dibentuknya KKG/MGMP

Sekedar menjawab pertanyaan seorang teman guru yang sangsi akan manfaat KKG/MGMP, kali ini saya akan berbagi informasi tentang tujuan membentuk KKG/MGMP bagi guru. Bagi pembaca yang belum tahu, KKG adalah singkatan dari kelompok kerja guru. KKG ini biasanya dilaksanakan oleh guru kelas atau guru sekolah dasar. MGMP sendiri adalah singkatan dari musyawarah guru mata pelajaran. MGMP beranggotakan guru mata pelajaran di tingkat SMP dan SMA.
Berikut ini adalah tujuan KKG dan MGMP yang saya ambil dari buku standar pengembangan KKG/MGMP terbitan dirjen PMPTK kemendiknas tahun 2008:
  1. Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar, dsb.
  2. Memberi kesempatan kepada anggota kelompok kerja atau musyawarah kerja untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan kerja untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.  
  3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi peserta kelompok kerja atau musyawarah kerja.
  4. Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
  5. Mengubah budaya kerja anggota kelompok kerja atau musyawarah kerja (meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan kinerja) dan  mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat KKG/MGMP.
  6. Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik. 
  7. Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat KKG/MGMP.
Demikianlah postingan tentang tujuan KKG/MGMP, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon