August 13, 2017

5 Lowongan Kerja yang Tidak Butuh Ijazah Tinggi

pict : dvc.edu
Banyak alasan mengapa seseorang tidak memiliki ijazah. Beberapa orang kurang beruntung tidak bisa melanjutkan pendidikannya karena alasan ekonomi. Apalagi kalau tempat sekolah atau kampus jauh dari tempat tinggal, tentu butuh duit yang tidak sedikit.

Untuk hidup di zaman modern, tentu kita butuh pekerjaan. Salah satu keyword yang paling banyak dicari d google adalah lowongan pekerjaan. Ini berarti ada jutaan pencari kerja di dunia ini yang terus bersaing. Kebanyakan pencari kerja gugur pada persyaratan pengalaman dan ijazah.

Lalu, adakah pekerjaan yang tidak butuh ijazah dan bisa menghasilkan gaji lumayan?
jawabnnya, ada

Berikut ini daftar 5 pekerjaan yang tidak memerlukan ijazah tinggi.

1. Menjadi Pemain Sepak Bola


Atlet yang kaya raya tentulah bukan hal baru kita dengar. Beberapa atlet terkenal berasal dari keluarga miskin. Sederet nama seperti Lionel Messi, Neymar, Cristiano Ronaldo tidak memiliki ijazah tinggi.

Cristiano Ronaldo misalnya, mega bintang Real Madrid ini ternyata berasal dari keluarga kurang mampu. Konon ia pernah mengatakan bahwa Ia sama sekali tidak tertarik untuk bersekolah. Atas kerja kerasnya dalam berlatih, kini gaji Ronaldo mencapai 500 ribu Pounds atau setara dengan 8 millyar rupiah per pekan.

Sebenarnya contoh tadi kejauhan. Pemain sepakbola dalam negeri saja sudah berpenghasilan lumayan.  Pemain sekelas Bambang pamungkas di kontrak 1,3 milyar pertahun di Persija. Lumayan kan? jika anda ingin menjadi pemain sepakbola berlatihlah dengan keras dan sungguh-sungguh.

Baca Juga

2. Jadi Youtubers

Menjadi artis youtube juga tidak kalah lumayan penghasilannya. Seorang youtubers menghasilkan uang dengan dua cara.

Cara Pertama, beberapa youtuber mengasilkan uang dengan menjual kemampuannya pada bidang tertentu. Misalnya si jago nyanyi Justin Bieber, awalnya ia terkenal karena mengunggah video-video nyanyinya di situs berbagi video youtube. Sekitar tahun 2007, ia kemudian ditawari bekerja sama dengan perusahaan rekaman Island Record. Karier artisnya pun dimulai sejak saat itu.

Di Indonesia, banyak juga youtubers sukses. Nathan Finger Style adalah contoh youtubers yang menonjolkan kemampuannya memetik gitar ala finger style. Nathan begitu terkenal hingga pernah tampil di acara talkshow hitam putih. Menurut kabar, Nathan membanderol 500 ribu rupiah untuk request lagu di channel youtubenya.

Cara Kedua youtubers menghasilkan uang dengan kerjasama jasa pengiklan google adsense. Youtubers Indonesia yang sukses seperti Natasha Farani yang terkenal dengan tutorial hijabnya, Bayu Skak dengan dagelan ala jawanya, dan masih banyak lagi.

Bagi yang penasaran jadi youtubers, silahkan googling cara-caranya. Kalau dijelaskan disini kepanjangan.

3. Menjadi Freelancer

Freelancer artinya pekerja bebas. contoh freelancer adalah desainer grafis. Freelancer desain grafis yang tidak mau disebutkan namanya bahkan bisa menghasilkan uang 10 kali UMR jakarta saat ini. Artinya dia bisa menutupi 10 bulan pekerjaan biasa hhanya dengan satu proyek saja.

Di Indonesia, ada situs yang menyediakan penghubung antara freelancer dan job. anda bebas memilih jenis pekerjaanya yang diterima dan bebas untuk menolak. silahkan di cek di www.freelancer.co.id

4. Jadi blogger
Menjadi Blogger juga bisa sukses jika kita menekuninya. Blogger saat ini sebagian besar menghasilkan uang dari jasa pengiklan google adsense. Para blogger memassang iklan di blognya dan jika ada penayang untuk menklik iklannya, disitulah ia menghasilkan uang.

Kisah sukses blogger tentu bukan kisah fiktif. Sebagai contoh admin strukturkode.blogspot.com yang penayangnya sampai 230 ribu perbulan. jika kita kalkulasi bisa menghsilkan uang 8 juta per bulannya (hasil survei caraspot.com 2015).

Cara menghasilkan uang di blog ini bisa anda googling juga jika tertarik.

5. Membuat aplikasi Android


Menjadi pembuat aplikasi tentunya terdengar rumit. Tetapi keinginan untuk belajar akan membuat semuanya jadi mudah. Hanya butuh ketekunan saja. Tentu saja tidak butuh ijazah untuk ini.  Aplikasi seperti android tidak cukup hanya dengan jago coding saja. Ide adalah kekuatan utamanya.

Kerja keras dan ketekunan ini di contohkan oleh Henry. Dengan modal belajar ia bisa membuat aplikasi game hanya daalam waktu satu hari. Dia adalah seorang buruh panggul Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Penghasilan yang diperoleh dari aplikasinya mencapai 16 juta rupiah.


Kesimpulan


Untuk menghasilkan uang, tidak perlu ijazah tinggi jika kita menekuni hobby dengan sungguh-sungguh.

Banyak cara kreatif menghasilkan uang selain bekerja di kantoran.

Semangat untuk berkarya harus selalu dipelihara agar tidak perlu lagi mengantri lowongan pekerjaan di surat kabar atau internet untuk mendapatkan pekerjaan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon