August 20, 2017

5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik

Penasaran rasanya ingin tahu peringkat sistem pendidikan dunia. Setelah mengutak-atik data, akhirnya ketemu juga. Sebuah survei yang dilakukan World Economic Forum setidaknya bisa menjadi acuan penyusunan peringkat itu.

Survei tahunan ini mencakup bidang yang sangat luas, diantaranya kondisi kesehatan perbankan dan pendidikan yang berkontribusi pada perkembangan ekonomi sebagian besar negara di dunia.

Dari data tersebut, kita dapat menentukan urutan poin negara dengan sistem pendidikan terbaik. Berikut 5 negara yang menempati urutan sistem pendidikan terbaik :

1. Finlandia
pict : youtube.com
Negara ini tidak pernah absen dari peringkat teratas sistem pendidikan dunia. Sistem pendidikan negara ini sangat populer karena tidak menitikberatkan pada perbandingan antar siswa. Kesenjangan kemampuan antar siswanya paling tipis di dunia. Pekerjaan rumah di Sekolah-sekolah Finlandia terbilang sedikit dibandingkan negara lain. Ujian wajib di negara ini hanya satu kali pada usia 16 tahun.

2. Swiss
Pict : sekeinshoefe.ch
Fakta unik tentang pendidikan di Swiss bahwa bahasa pengantar dalam pembelajarannnya berbeda-beda, tergantung wilayahnya di Swiss. Bahasa Jerman, Perancis dan Italia adalah bahasa paling umum digunakan. Fakta lain yang mengejutkan bahwa ternyata hanya sekitar 5 % anak-anaknya bersekolah di sekolah swasta. Pembagian rombongan belajar di negara ini berdasarkan pada kecerdasan siswanya.

Baca Juga


3. Belgia
pict : zimbio.com
Pemerintah Belgia memberikan anggaran yang besar untuk pendidikan. Sekolah negeri dan swasta merata dari segi sarana dan sumberdaya manusia. Semua sekolah diselenggarakan gratis atau dengan pembayaran yang sangat minim. Sekolah menengah di Belgia ada empat jenis, yaitu sekolah menengah umum, sekeolah menengah teknik, sekolah menengah kejuruan dan lembaga pendidikan seni.

4. Singapura
sassymamasg.com
Singapura memiliki nilai yang tinggi dalam peringkat PISA (Program for Internatioanal Student Assessment). Tes yang dilakukan PISA bertujuan untuk membandingkan kinerja siswa di berbagai negara. Akan tetapi, Sistem pendidikan di negara ini dianggap memberikan tekanan dan beban belajar yang cukup berat terhadap siswanya.

5. Belanda
pict : twitter.com
Siswa-siswa di Belanda dianggap siswa paling bahagia di dunia dalam sebuah studi yang dilakukan UNICEF tahun 2013, dan menjadi peringkat pertama di dunia soal kebahagiaan. Sekolah biasanya tidak memberikan banyak pekerjaan rumah sampai tingkat menengah sehingga siswanya tidak merasakan tekanan beban belajar. Sekolah dibagi menjadi sekolah agama dan sekolah negeri yang umum, dan sekolah swasta yang jumlahnya sedikit.

Demikianlah postingan peringkat sistem pendidikan terbaik di dunia. Semoga Indonesia juga suskses dalam membenahi pendidikannya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon