August 03, 2017

7 Tips Lolos Seleksi CPNS 2017

Sogok menyogok dalam penerimaan CPNS mungkin sudah lazim kita dengar. Tahun 2017 ini, kemungkinan menyogok sudah sangat kecil mengingat sistem CAT(computer Assisted test) adalah sistem yang sulit diakali sekalipun itu mungkin. Waspadalah selalu pada calo CPNS. Sistem sogok menyogok dan tindakan curang lainnya tidak usah terlalu kita pusingkan. Fokuslah pada Persiapan diri . Saya sendiri lolos seleksi tanpa menggunakan sogokan. Hanya butuh ketekunan dan do'a .

Kali ini saya ingin berbagai tips lulus murni seleksi CPNS sesuai pengalaman pribadi dan pengalaman kawan-kawan lainnya. Tips ini bukanlah yang terbaik, tapi tidak ada salahnya sebagai penambah referensi anda dalam mempersiapkan diri. Berikut 7 Tips Lolos Seleksi CPNS 2017 versi saya :

1. Anda harus lolos seleksi administrasi
ini adalah hal pertama yang harus anda lengkapi. perhatikan dengan baik data diri anda. baca persyaratan seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), formasi yang sesuai dengan jurusan, serta batas usia yang diperbolehkan mendaftar menjadi CPNS.

2. Segera mencari kisi-kisi
Kisi-kisi yang dimaksud adalah garis besar materi yang akan diujikan nantinya pada saat tes. kisi-kisi ini biasanya keluarkan secara resmi oleh KEMENPANRB melalui situs resminya. situs resmi KEMENPANRB adalah https://www.menpan.go.id. saran saya, sebaiknya anda rajin-rajin mencari informasi mengenai kisi-kisi seleksi CPNS 2017 di internet baik di situs MENPANRB atau situs BKN agar tidak ketinggalan informasi.

Baca Juga

3. Belajar
Belajar tentu adalah hal wajib sebelum mengikuti tes. Belajar yang dimaksud disini adalah memperluas wawasan dengan berlatih mengerjakan soal-soal CPNS tahun-tahun sebelumnya. biasanya, soal-soalnya tidak akan berbeda jauh. Materi yang dipelajari berupa wawasan kebangsaan, intelejensi umum dan karakteristik kepribadian serta tambahan kompetensi bidang. penjelasan tentang 4 materi ini dapat anda lihat pada postingan kriteria penilaian seleksi CPNS 2017.

4. Latihan simulasi CAT
latihan simulasi CAT ini berguna untuk membiasakan diri mengerjakan soal melalui CAT. di website https://www.menpan.go.id disediakan link untuk simulasi CAT atau bisa juga mencari di google karena biasanya banyak bertebaran juga disana. Perlu juga diperhatikan waktu atau durasi mengerjakan soal. Karena tes ini menggunakan waktu, biasakanlah diri anda menyelesaikan soal dengan penghitung waktu agar dapat menyelesaikan sesuai ketentuan waktunya.

5. Perhatikan Passing Grade
Passing grade yang dimaksud adalah ambang kelulusan. Empat materi (TWK,TIU,TKP,TKD)masing-masing memiliki ambang kelulusan tersendiri. ambang kelulusan ini akan ditentukan sesuai kebutuhan instansi. untuk lebih jelasnya tentang 4 materi (TWK,TIU,TKP,TKD), lihat postingan kriteria penilaian seleksi CPNS 2017. 

6. Jaga Kesehatan
Jika anda terlalu sibuk belajar sampai begadang, vitalitas tubuh anda akan menurun. Jika anda sakit, maka anda tidak akan bisa mengikuti tes dengan maksimal. Apalagi sampai sakit parah yang membuat anda tidak bisa mengikuti ujian, tentu akan sangat disayangkan. istirahatlah yang cukup dan berolahraga teratur untuk menjaga kebugaran.

7. Berdoa
Do'a penting dilakukan sebelum melakukan semua tahapan seleksi. Kekuatan do'a terbukti dapat membantu kita mengingat apa yang telah kita pelajari. Do'a adalah aspek spiritual yang dapat menggali pengetahuan lahiriah manusia. Percayalah.

Demikian tips lolos seleksi CPNS yang dapat saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman kawan-kawan dekat saya. semoga membantu sahabat sekalian. selamat berjuang....!!!!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon