August 13, 2017

Asal Usul Nama Planet

Tags
Pict : amazine.com
Nama-nama planet dalam tata surya pastilah terdengar asing di telinga bangsa Indonesia. Wajar saja karena nama-nama planet yang kita kenal sekarang tidak berasal dari bahasa indonesia. Nama-nama planet diambil dari nama-nama dewa pada peradaban Romawi dan Yunani kuno.

Dalam perkembangannya, Romawi lebih dominan dalam pemberian nama planet. Hal ini disebabkan oleh perkembangan kekaisaran Romawi dan pengaruh Gereja katolik yang sangat kuat saat itu.

Berikut adalah asal-usul nama planet dalam tata surya kita.

Merkurius

Merkurius diambil dari nama Dewa Mercury dalam mitologi romawi kuno. Dewa Mercury ini tugasnya sebagai pembawa pesan. Konon, Dewa yang satu ini dapat bergerak sangat cepat. Planet Merkurius ini kemudian dinamai Merkurius karena juga bergerak cepat mengelilingi matahari.

Venus

Planet Venus berasal dari nama dewi romawi kuno. Dewi Venus adalah kekasih dari Dewa Mars. Dewi venus adalah dewikecantikan yang berhubungan dengan keindahan dan kesuburan. Beberapa ahli sejarah menghubungkan Dewi Venus dengan Dewi Aphrodite dalam kepercayaan Yunani Kuno.

Penamaan Planet venus dikaenakan keindahan venus yang tampak dari bumi. Kemampuan planet ini menyerap cahaya matahari membuatnya terlihat sangat terang.

Baca Juga : Fakta Tentang Planet dalam Tata Surya

Bumi

Konon, penamaan bumi berhubungan dengan Dewi Gaia. Dewi Gaia adalah Dewi penjaga alam semesta, pemberi kesuburan dan kehidupan. Gaia yang berarti tanah (latin) ini dianggap sebagai ibu Dewi dalam kepercayaan Yunani kuno.

Kata "Earth" dalam bahasa inggris sebenarnya tidak ada hubungannya dengan mitologi yunani ataupun romawi. Bumi pada dua peradaban kuno ini tidak begitu spesifik dalam penamaan dewa.

Penamaan Bumi (tanah) yang berhubungan dengan dewi Gaia diyakini karena bumi adalah planet tempat kehidupan manusia.

Mars

Nama mars berasal dari nama dewa perang bangsa Romawi. Mars adalah dewa yang di sembah oleh tentara romawi. Dewa Mars adalah putra dari Jupiter. Bangsa Romawi menganggap Dewa Mars adalah dewa penting kedua setelah Jupiter. Dalam mitologi yunani kuno Dewa Mars memiliki kesamaan dengan Dewa Ares.

Planet Mars dinamai karena warna kemerahannya. Merah dalam mitologi romawi saat itu berkaitan dengan darah dan perang.

Jupiter

Jupiter adalah raja para dewa Romawi. Jupiter adalah anak dari saturnus, bersaudara dengan Neptunus dan Pluto. Raja para dewa ini dikatakan memiliki postur raksasa sehngga Planet terbesar di tata surya kemudian dinamai dengan Jupiter.

Saturnus

Saturnus adalah dewa pertanian, keadilan dan kekuatan Romawi. Dewa Saturnus dilambangkan sebagai dewa yang memegang sabit dan gandum.

Dulunya, Planet Saturnus hampir dinamai Planet Cronos. Seiring perkembangan peradaban romawi, planet itu kemudian dinamai planet Saturnus.

Tidak mengherankan jika planet ini dinamai Saturnus karena cincin es berlapis planet ini mirip dengan seseorang yang mebawa sabit.

Uranus

Dewa Uranus dalam mitologi Yunani diartikan sebagai dewa langit. Uranus adalah suami dari Gaia (ibu dewi). Uranus adalah nenek moyang dewa-dewa Yunani.

Wujud Planet Uranus yang berkabut diyakini sebagai alasan diberi nama dengan dewa langit.

Neptunus

Neptunus adalah nama Dewa air dan laut bagi bangsa Romawi. berhubungan dengan Poseidon dalam mitologi Yunani.

Planet Neptunus yang dipenuhi air beku menjadi alasan dinamakaan sebagi dewa air.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon