August 08, 2017

Kok Bisa ada Jalan Dewi Persik ?

Tags
screenshot google maps
Tergelitik rasanya membaca berita dari kompas,com tentang berubahnya nama jalan di Bekasi. Hebohnya karena jalan tersebut menjadi jalan Dewi Persik. padahal nama asli jalan itu adalah jalan Dewi Sartika.  Kejadian ini membuat heboh warga bekasi. Bahkan Pemkot bekasi sendiri kabarnya melayangkan surat protesnya ke Google.

Apakah mungkin merubah jalan di google map?. 

Tentu saja mungkin. Di aplikasi google, ada sebuah layanan yang bernama Google Local Guide. Saya sendiri pernah menggunakan layanan ini untuk merubah posisi penanda Masjid di kampung saya. saya sangat mencurigai bahwa orang iseng ini menggunakan layanan itu.

Baca Juga

Mari kita bahas sedikit  apa itu Google Local Guides? 

Google Local Guides atau jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti Google pemandu lokal. Merupakan komunitas bagi penduduk lokal atau para penjelajah untuk membantu orang lain menemukan tempat-tempat yang cocok

Dengan cara memberikan ulasan pada tempat-tempat wisata, restoran, bar, pantai atau juga bisa menambahkan tempat atau lokasi lain yang dianggap penting yang anda ketahui agar nantinya dapat dilihat oleh seluruh orang didunia lewat google maps.

Selain dapat membantu orang lain untuk menemukan atau mengetahui tempat-tempat terbaik yang ada di daerah anda lewat google maps

Dalam google local guides Setiap kali anda memberikan review atau mengedit dan menambah keterangan pada tempat-tempat tertentu yang ada di google maps maka anda akan diberikan beberapa point.

Point ini nantinya akan dipergunakan untuk mempertinggi level anda ke tingkat yang lebih tinggi, semakin tinggi level google pemandu lokal  anda maka semakin besar pula manfaat yang akan diterima karena semakin tinggi level hadiah juga semakin banyak.

Mengapa saya mencurigai pengguna layanan ini?

Karena di aplikasi lain Jalan Dewi sartika tidak berubah.

Yah, Semoga hal seperti ini tidak terulang lagi. tentunya pihak google harus membenahi sistem verifikasinya agar tidak terkesan sembarangan. Konfirmasi ke pemerintah perlu dilakukan sebelum mengubah nama jalan di aplikasinya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon