August 28, 2017

Mengapa Bayangan di Permukaan Sendok Terbalik?

Tags
Pict : www,foodidntimes.com
Siapapun yang pernah melihat bayangan dirinya di permukaan sendok, pasti akan melihat bayangan terbalik. Tidak seperti saat bercermin di cermin datar atau cermin make-up. Walaupun tidak banyak orang yang bercermin di sendok, setidaknya kita perlu tahu penyebab bayangan terbalik itu.

Pembahasan kita kali ini akan membahas bagaimana pembentukan bayangan pada permukaan sendok (bukan bagian belakang sendok). Sebelum membahas lebih jauh, perlu kta ingat kembali pelajaran IPA SMP seputar pembentunkan bayangan pada cermin. Ada tiga jenis cermin yang kita kenal sehari-hari yaitu cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.

Hal pertama yang perlu kita pahami dengan baik dalam persoalan ini adalah hukum-hukum pemantulan pada cermin cekung. Mengingat permukaan sendok ini berperilaku sebagai cermin cekung.

Lantas, bagaimana bayangan bisa terbalik pada cermin cekung?

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa ada hukum pemantulan yang berlaku pada cermin cekung. Penerapan hukum pemantulan menghasilkan tiga sinar istimewa yaitu :

  1. Sinar datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan melalui titik fokus.
  2. Sinar datang melalui titik fokus, akan dipantulkan sejajar sumbu utama.
  3. Sinar datang melalui pusat kelengkungan akan dipantulkan kembali melalui titik pusat kelengkungan cermin.

Lihat gambar agar lebih jelas :

Baca Juga


Istilah -istilah dalam pemantulan sinar istimewa dapat dijelaskan sebagai berikut :

Sinar datang yang dimaksud dengan sinar datang adalah sinar yang menuju ke cermin

Sumbu utama adalah garis kahayal lurus tepat di tengah-tengah (membagi dua) cermin cekung

Titik fokus adalah titik dimana cahaya berkumpul pada cermin cekung. Jika lengkungan cermin diteruskan garisnya, akan menghasilkan lingkaran. Titik fokus dapat ditentukan dengan membagi empat diamater lingkaran tadi.

Pusat kelengkungan yang dimaksudkan adalah titik tengah dari diameter lingkaran pada ilustrasi tadi (jari-jarinnya). jarak pusat kelengkungan ini sama dengan dua kali jarak fokus.

Perhatikan gambar tentang fokus dan pusat kelengkungan



Dengan berpedoman pada sinar istimewa diatas, dapat digambarkan pembentukan bayangan pada cermin cekung seperti gambar dibawah ini :




Inilah penyebab mengapa bayangan kita selalau terbalik di permukaan sendok. Lain halnya jika sendok itu dibalik. Kita akan menemukan bayangan yang berbeda akibat pembentukan bayangan yang berbeda pula. Bagian belakang Sendok akan bersifat seperti cermin cembung.

Cermin cembung sendiri mempunyai sinar istimewa sebagai berikut :

  1. Sinar yang datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan seolah-olah berasal dari titik fokus.
  2. Sinar yang datang seolah-olah menuju titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama
  3. Sinar yang datang menuju pusat kelengkungan cermin, akan dipantulkan seolah-olah berasal dari pusat kelengkungan yang sama.
Perhatikan gambar sinar istimewa cermin cembung berikut :

Sedangkan pembentukan bayangannya sebagai berikut :


Sifat cermin cembung yang memperkecil bayangan ini di manfaatkan pada spion kendaraan. Bayangkan jika spion kendaraan menggunakan cermin cekung, tentu kita akan dibuat puyeng jadinya. sama juga dengan cermin datar jika digunakan untuk spion akan menghsilkan bayangan yang sama besar dengan aslinya. Akan sulit melihat kendaraan di belakang kita dengan baik.

Demikianlan penjelasan tetang mengapa bayangan pada permukaan sendok terbalik ditambah penjelasan singkat tentang lensa cembung pada spion kendaraan. Semoga postingan kai ini bermanfaat, sampai bertemu di postingan selanjutnya.

Referensi : Modul GP P4TK IPA

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon