August 09, 2017

Tips Upload Dokumen Bagi Pendaftar CPNS di SSCN

foto : bisnis.liputan6.com
Meng-upload dokumen ternyata bagian tersulit dari pendaftaran CPNS secara online. Postingan ini adalah postingan susulan setelah banyaknya pertanyaan dari para sahabat tentang kesulitan meng-upload dokumen di portal pendaftraran sscn.bkn.go.id. 

Bagi anda yang kesulitan meng-upload dokumen, inilah 5 (lima) hal yang perlu anda perhatikan saat ingin meng-upload di portal sscn.bkn.go.id :

1. Format Dokumen
Format dokumen yang di-upload boleh dalam bentuk PDF atau JPG. Akan tetapi, disarankan untuk menggunakan format PDF. Bagi anda yang belum tahu, PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format file yang diciptakan oleh Adobe System, Inc. Berbeda dengan MS WORD jenis dokumen ini sulit diedit. Untuk membuka file PDF harus menggunakan PDF reader.
Sedangkan file JPEG (Joint Photographic Experts Group) adalah format file yang populer untuk menyimpan gambar dalam bentuk digital.

2. Ukuran Dokumen
Ukuran dokumen yang disarankan oleh BKN pada halaman resminya adalah tidak lebih dari 300 Kb setiap file-nya. Artinya setiap satu dokumen tidak boleh berukuran diatas 300 Kb. Ukuran file ini dapat dengan mudah dilihat di komputer anda.

Baca Juga

Sedangkan untuk pas foto berwarna, disarankan tidak lebih dari 200 Kb.

3. Bersihkan Riwayat
Sebelum meng-upload file, sebaiknya anda melakukan clear history (bersihkan riwayat) pada browser anda. hal utama yang perlu dibersihkn adalah cache dan cookies.

4. Koneksi Internet yang Baik
Koneksi internet yang dimaksud adalah koneksi yang stabil atau tidak terputus-putus. Sangat disarankan untuk menggunakan paket internet yang menggunakan space bandwith besar demi kelancaran meng-upload dokumen anda.

5. Periksa Sebelum Meng-upload
Perlu diingatkan bahwa file yang sudah di-upload tidak dapat di-upload kembali. Sekiranya anda berhati-hati atau mengecek ulang sebelum meng-upload dokumen anda. 

Sekian tips meng-upload dokumen di sscn.bkn.go.id, semoga bermanfaat untuk pelamar CPNS sekalian.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Setelah upload selesai, ada yang di cetak, yang di cetak itu Buat apa ya, ada verifikasi data, apakah harus di kirim via pobox


EmoticonEmoticon