January 06, 2018

250 Ribu Lowongan CPNS 2018 Akan di Buka

Sumber foto : infonawacita.com
Pada tanggal 13 Desember 2017, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengedarkan surat penyampaian usulan CPNS 2018 kepada Pejabat Pembina Kepegaiwan Pusat dan Daerah.

Isi Surat tersebut menyampaikan petunjuk pengusulan formasi CPNS tahun 2018. Setelah usulan itu Kementerian PANRB akan melakukan verifikasi disesuaikan dengan rencana strategis di setiap daerah. Verifikasi ini akan diproses di Kementerian PANRB pada bulan Februari dan Maret.

Pengumuman jadwal pendaftaran akan dibuat setelah berkordinasi dengan berbagai instansi mengenai waktu pemmbukaan pendaftaran. Dapat dipastikan bahwa pemerintah pusat akan membuka 38 ribu formasi dan sisanya akan dibai ke berbagai daerah.

Penerimaan CPNS 2018 akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah. 

Dikutip dari tribunnews.com, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja Penerimaan CPNS 2018 difokuskan pada tenaga teknis berkemampuan khusus sesuai dengan rencana strategis masing-masing instansi.

Hal lain yang diperhatikan pada penerimaan CPNS 2018 adalah pegawai yang menunjang tenaga pemerintahan yang berhubungan dengan beragam komoditi. Sektor tambang dan geologi termasuk kedalam sektor yang diprioritaskan pada penerimaan CPNS 2018.

Akan tetapi porsi terbesar pada penerimaan CPNS tahun 2018 adalah tenaga kesehatan dan Pengajar. Proses Seleksi CPNS 2018 masih sama dengan proses seleksi CPNS pada tahun 2017. Pada SKD, peserta CPNS dites wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), serta tes karakteristik pribadi (TKP). Tes-tes tersebut menggunakan sistem berbasis komputer atau computer assisted tes (CAT).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon