January 24, 2018

Waspada Banjir Rob Saat Supermoon

Tags
Sumber : detik.news.com
Fenomena alam langka Blue Blood Supermoon yang akan terjadi pada rabu malam tanggal 31 Januari 2018 diprediksi akan memicu banjir rob di daerah pesisir.

Banjir rob adalah banjir genangan yang diakibatkan oleh pasang air laut di darah pesisir. Pada supermoon, diprediksi akan terjadi pasang air laut yang lebih besar dari biasanya akibat bulan yang sangat dekat dengn bumi.

Supermoon merupakan fenomena alam dimana bulan berada pada titik terdekat dengan bumi. Bulan adalah satelit bumi yang gravitasinya mempengaruhi pasang surut air laut. Pada saat gerhana, air laut akan mengalami pasang maksimum.

Dikutip dari antaranews.com, Balai Besar Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar mengingatkan masyarakat wilayah pesisir agar mewaspadai banjir rob pada fenomena supermoon mendatang.

Akan tetapi, menurut Kepala Bidang Observasi BBMKG Wilayah Makassar Ikhsan, dampak ini masih perkiraan dan masyarakat dihimbau untuk waspada.

Gerhana bulan total yang merupakan konvergensi antara blue moon, blood moon dan supermoon akan terjadi mulai pukul 18.50 WITA dengan gerhana penumbra kemudian gerhana sebagian hingga puncak gerhana pukul 21.29 WITA. Blue Blood Supermoon ini akan berakhir pada pukul 00.08 WITA.

Fenomena ini adalah bagian dari “fenomena trilogi supermoon”. Trilogi Supermoon tersebut dimulai 3 Desember 2017 lalu, fenomena kedua terjadi pada 2 Januari 2018 dan ketiga 30/31 Januari 2018. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon