February 21, 2018

Syarat dan Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2018


SNMPTN 2018 telah di buka. pendaftaran SNMPTN 2018 sudah bisa dilakukan di http://web.snmptn.ac.id oleh siswa. pendaftaran ini diprioritaskan untuk siswa ang baru lulus tahun 2018 ini. 

dikutip dari halaman resmi SNMPTN 2018, Persyaratan Siswa Pendaftar tahun adalah Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2018 yang memenuhi persyaratan.
  1. Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    1. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
    2. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
    3. akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
    4. belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.
  2. Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat berdasarkan data PDSS.
  3. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  5. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).
Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2018 sebagai berikut :

Pengisian dan Verifikasi PDSS13 Januari – 10 Februari 2018
Pendaftaran SNMPTN21 Februari – 6 Maret 2018
Pengumuman Hasil Seleksi17 April 2018
Untuk mendaftar SNMPTN 2018, kalian harus melalui tahap-tahap pendaftaran sebagai berikut :

1. Login Siswa

Masukkan NISN dan password pada form login di atas. Gunakan NISN dan password yang diberikan sekolah ketika akan melakukan verifikasi nilai di PDSS. Jika Anda baru pertama kali login, maka Anda akan langsung diminta mengganti password. 


Silahkan ganti password Anda.
Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka akan muncul pesan "Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN 2018. Silakan mengikuti SBMPTN 2018."
2. menyetujui pendaftaran
Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu Pendaftaran pada daftar menu di bagian atas lalu klik tombol Formulir Pendaftaran 
Formulir pendaftaran terdiri dari 4 bagian, yaitu:
  1. PTN Pilihan 1
  2. PTN Pilihan 2
  3. Unggah foto
  4. Formulir Pendaftaran
3. Memilih PTN dan perguruan tinggi

Berikut adalah ketentuan pemilihan PTN dan program studi:
  1. Anda dapat memilih maksimum 3 program studi
  2. Anda dapat memilih maksimum 2 perguruan tinggi
  3. Anda dapat memilih maksimum 2 program studi untuk tiap perguruan tinggi
Salah satu dari perguruan tinggi yang dipilih harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah Anda (kecuali untuk provinsi Sulawesi Barat dan sekolah RI di luar negeri - karena tidak ada perguruan tinggi untuk provinsi tersebut)
Urutan PTN dan program studi menentukan prioritas pilihan. Siswa akan diseleksi dari proritas pertama (PTN pilihan 1 dan program studi pilihan 1). Jika tidak lolos seleksi, maka siswa akan diseleksi untuk pilihan berikutnya. 
Klik nama PTN yang Anda pilih.
Pilih program studi yang Anda inginkan dari daftar program studi pada PTN yang Anda pilih.
Kemudian klik tombol Selanjutnya>>.
4. Mengunggah Foto
Setelah memilih PTN dan Pogram Studi, Anda harus mengunggah foto. Foto yang diunggah harus memenuhi persyaratan berikut:
  • Wajah siswa terlihat jelas
  • Pakaian rapi
  • Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel
  • Format JPEG (.jpg)
  • Ukuran file tidak lebih dari 1 MB
5. Mengisi Form Pendaftaran

Di awal formulir pendaftaran akan tampil pilihan PTN dan program studi Anda. Pastikan datanya sudah benar. Seluruh item isian pada formulir yang bertanda (*) harus diisi dengan benar. Jika pengisian sudah selesai, klik tombol Selesai dan Simpan.

6. Mengisi prestasi

Jika Anda memiliki data prestasi, silahkan pilih menu Prestasi di bagian atas.Anda dapat mengunggah maksimal tiga (3) sertifikat/piagam, atau bukti prestasi lainnya.

7. Mengisi Fortopolio

Jika Anda memilih program studi Seni dan/atau Olahraga, maka Anda harus melengkapi portofolio Seni dan/atau Olahraga. Pilih menu Portofolio pada daftar menu di bagian atas.

Saat membuat portofolio, gunakan template yang telah disediakan. Portofolio yang telah dibuat harus diunggah pada laman ini. Unggah portofolio yang telah dibuat. Beberapa portofolio harus dilengkapi dengan video. Unggah video di tempat yang disediakan. Ukuran portofolio tidak boleh lebih dari 10MB dan ukuran video tidak boleh lebih dari 15MBSebaiknya Anda tidak mengunggah portofolio dan video pada 3 hari terakhir masa pendaftaran SNMPTN. Unggahlah di masa awal pendaftaran untuk menghindari kegagalan saat mengunggah karena ada banyak siswa yang sedang terhubung ke server.
Jika Anda sudah menggunggah portofolio dan portofolio harus dilengkapi video, maka akan muncul tampilan untuk menunggah video.
Jika Anda ingin mengubah dokumen portofolio, pilih tab Ubah Dokumen Portofolio.
8. Petunjuk Pengisian Fortopolio
Berikut ini dapat diunduh petunjuk teknis, borang, dan template portofolio untuk bidang olahraga dan seni:
  • Bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Petunjuk Teknis, Borang Prestasi, Borang Isian Kesehatan, Borang Isian Kesehatan, Contoh Rekomendasi KONI 
  • Bidang Teater dan Seni Pertunjukan: Petunjuk Teknis, Borang, Template 
  • Bidang Seni Musik dan Karawitan: Petunjuk Teknis, Borang, Template 
  • Bidang Seni Rupa, Desain, dan Kria: Petunjuk Teknis, Borang, Template 
  • Bidang Seni Tari: Petunjuk Teknis, Borang, Template 
  • Bidang Film dan Televisi: Petunjuk Teknis, Borang, Template 
  • Bidang Fotografi: Petunjuk Teknis, Borang, Template
Siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio sendratasik (Seni Drama, Tari, dan Musik) cukup melengkapi salah satu dari portofolio Teater dan Seni Pertunjukan , Seni Tari, atau Seni Musik dan Karawitan sesuai dengan peminatan yang diinginkan
9. Verifikasi peserta bidik misi
Jika Anda adalah siswa peserta beasiswa Bidikmisi, Anda harus memasukkan KAP dan PIN Anda. Berikut adalah langka-langkahnya:
  1. Pilih menu Bidikmisi pada daftar menu di bagian atas.
  2. Masukkan KAP dan PIN Anda
Sistem akan memverifikasi KAP dan PIN Anda ke sistem Bidikmisi. Pastikan KAP dan PIN yang Anda isikan sudah benar. Siswa peserta Bidikmisi tidak dapat memilih program studi dari Universitas Islam Negeri (UIN/IAIN).

10. Finalisasi Pendaftaran

Jika pendafftaran sudah selesai dilakukan, Anda dapat melakukan finalisasi pendaftaran. Setelah finalisasi, data pendaftaran tidak dapat diubah kembali. Pastikan kembali seluruh data yang diperlukan sudah Anda isikan. Untuk melakukan finalisasi, klik tombol Finalisasi Pendaftaran.
Pada layar akan tampil halaman konfirmasi finalisasi. 


Ceklis semua pernyataan konfirmasi siswa, lalu klik tombol Finalisasi Pendaftaran. Jika masih ragu-ragu silahkan klik Tunda FinalisasiPastikan Anda segera melakukan finalisasi sebelum masa pendaftaran berakhir. Jika pendaftaran tidak difinalisasi, Anda dianggap TIDAK mendaftar.
Jika Anda memilih tombol Finalisasi Pendaftaran, akan muncul halaman konfirmasi kembali. Silahkan klik tombol Finalisasi Pendaftaran jika Anda sudah yakin.
11 Cetak Kartu
Tahap terakhir pendaftaran SNMPTN adalah mencetak kartu peserta. Pada jadwal yang telah ditentukan, klik Unduh Kartu Peserta pada Home. Menu Unduh Kartu Peserta akan tampil saat Anda login di periode pencetakan kartu.
Setelah cetak kartu, berarti anda sudah menyelesaikan tahap pendaftaran. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon