February 15, 2018

Tips Menghadapi UNBK

Gambar : lintaskhatulistiwa.com
UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) semakin dekat. Siswa kelas IX dan kelas XII tentu sudah bersiap akhir- akhir ini. Sekolah - sekolah telah mengadakan bimbingan belajar bahkan sudah melakukan simulasi UNBK.

Untuk kalian yang akan mengikuti UNBK,  berikut ini saya akan membagi tips sukses UNBK bagi siswa SMP maupun SMA.

Persiapkan diri

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mempersiapkan diri untuk mengikuti UNBK.  Seperti ujian pada umumnya,  kalian harus mempersiapkan diri dengan mempelajari materi yang akan diujikan.

Selain itu, kalian harus mempersiapkan mental. Jangan terlalu tegang,  apalagi dijadikan beban. Beraktivitas seperti biasa.
Fokus saja pada persiapan bukan kegagalan.

Jika ada mata pelajaran yang dirasa kurang dipahami,  berikanlah porsi belajar lebih untuk mata pelajaran itu.

Mengerti operasi dasar komputer

syarat utama mengikuti UNBK tentunya memahami dasar operasi komputer, seperti fungsi keyboard dan mouse. Tapi untuk hal yang satu ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena telah berpengalaman di simulasi.

Lagipula, saat UNBK nanti kalian akan dibimbing oleh pengawas,  proktor dan teknisi yang telah berpengalaman.

Datanglah lebih awal

Sangat disarankan bagi kalian peserta UNBK untuk hadir di lokasi ujian satu jam sebelum ujian di mulai. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan, misalnya macet diperjalanan atau kalian sesuatu seperti pulpen ataupun kartu ujian.

Dengan datang lebih awal, kalian bisa mengatasi kejadian seperti itu.

Ikuti Instruksi Pengawas Ruang

Ini sangat penting karena pada ujian berbasis komputer melalui tahap-tahap yang berbeda dengan ujian kertas. Misalnya bagaimana cara memulai ujian, saat ujian berlangsung, hingga cara mengakhiri ujian berbasis komputer ini.

Jika kalian tidak paham dengan menu dalam browser UNBK, atau komputer yang kalian gunakan "error", jangan ragu untuk memberitahukan kepada pengawas ruang. Jangan melakukan tindakan ceroboh yang bisa menggagalkan ujian kalian.

Manajemen waktu

Pada UNBK,  tidak ada penambahan waktu mengerjakan saat kalian sudah meng-klik mulai mengerjakan soal.  Olehnya itu,  kalian mengatur waktu persoal agar tidak kehabisan waktu.

Dahulukanlah soal yang mudah.  Soal mudah yang dimaksud adalah soal ayng bisa kalian kerjakan dibawah satu menit. Setelah soal mudah selesai, batulah kalian kembali untuk mengerjakan soal yang dilewati tadi.

Jangan lupa berdoa

Demikianlan Tips menghadapi UNBK untuk pelajar SMP dan SMA. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon