March 29, 2018

Cara Mengecek Panggilan Telepon dan sms yang Direkam Facebook

Ilustrasi media sosial di android
Pelanggaran privasi pengguna oleh facebook akhir-akhir ini banyak dibicarakan. Setelah mencuatnya kasus pencurian data pengguna facebook oleh Cambridge Analityca pada pilpres AS 2016. Saya juga salah satu orang yang penasaran sejauh mana facebook mengorek data pribadi penggunanya.  Makanya saya mencoba membuktikan sendiri apakah Android saya juga dikorek datanya.

Ternyata benar, setelah saya unduh arsip saya. semua data kontak, panggilan, sms direkam oleh facebook. Saya mungkin tidak menyadari bahwa saya pernah menyetujui sesuatu sehingga data-data itu terekam. Apa boleh buat, sudah terlanjur data-data itu terekam.

Bagi anda yang ingin mengecek arsip yang direkam facebook di android anda (kabarnya Ios masih aman), saya akan membagikan langkah-langkah cara mengecek panggilan telepon dan sms yang direkam oleh facebook.

Hal pertama, sebaiknya membuka facebook dengan komputer atau laptop (desktop) untuk hasil yang lebih maksimal. Sangat disarankan menggunaan koneksi wifi jika paket data seluler anda kurang dari 1 GB.

Kedua, siapkan email yang anda gunakan saat login facebook. email ini harus anda ketahui passwordnya, karena prosesnya nanti membutuhkan konfirmasi lewat email.

Jika semua sudah siap, anda bisa langsung membuka facebook dengan browser desktop di komputer anda. lalu menuju ke pengaturan. jika anda sudah ada di halaman pengaturan, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


Silahkan klik unduh salinan data facebook seperti yang sudah saya tandai dengan garis merah pada gambar di atas. Kemudian akan mucul permintaan password akun facebook.
Isi sesuai password akun anda. Jika sudah benar,anda akan diarahkan ke tampilan seperti dibawah ini :

Klik mulai arsip saya. Tunggu beberapa menit hingga facebook selesai menyiapkan arsip anda. Jika facebook sudah selesai menyiapkan salinan riwayat aktivitas facebook anda, link unduhan akan dikirim ke email seperti contoh dibawah ini :

Silahkan klik link-nya dan ada akan terbawa kembali ke tampilan seperti ini :


klik unduh arsip untuk mengunduh aktivitas anda. File yang terunduh berbentuk rar sehingga anda butuh mengekstrak setelah unduhan selesai.

Jika file yang diunduh tadi selesai diekstrak, masuk ke folder html. didalam folder html ini terdapat aktivitas yang terekam facebook. untuk melihat kontak, panggilan dan sms yang terekam, buka contact info htm dengan notepad.

Di notepad anda bisa melihat kontak anda yang terekam oleh facebook. jika tidak ada nomer-nomer atau nama kontak yang terlihat, berarti kontak anda tidak terekam alias aman-aman saja.

Setelah saya pelajari, kontak yang terekam oleh facebook diakibatkan oleh sinkronisasi yang pernah dilakukan dengan aplikasi messenger. oleh karena itu, agar tidak terekam lagi sebaiknya anda menghentikan sinkronisasi dengan mengikuti link berikut. Link ini adalah link yang mengarah ke pusat bantuan facebook
Klik tautan yang saya tandai kotak merah. setelah itu anda akan dibawa ke halaman unggah dan kelola kontak anda.
Kemudian hapus semua kontak seperti pada gambar :
Jika sudah terhapus, berarti anda telah menghentikan sinkronisasi kontak dan panggilan serta sms anda tidak akan direkam lagi oleh facebook. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon