April 05, 2018

Kabar Literasi dari Pustaka Iqra Sebatik di Pulau Sebatik Indonesia

Tags
Pengunjung Pustaka Iqra Sebatik (dok pribadi)
Bulan pucat sebelum purnama masih setia bersama Jupiter. Jumat pagi 29 Maret 2018, beberapa relawan bergegas untuk sebuah acara perdana. Relawan literasi di Pulau Sebatik bersiap untuk menghelat pembukaan Pustaka Iqra Sebatik. Pustaka yang dibangun dari dari semangat atau mungkin amarah akan rendahnya minat baca.

Memanfaatkan teras Masjid Al Ikhlas di Desa Setabu, para relawan mengumpulkan anak-anak sekitar masjid untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan, memahami Indonesia, melihat Nusantara dan keberagamannya.
Buku adalah jendela melihat Nusantara.
Nusantara bukanlah sebuah pulau kecil yang dikelilingi laut, ataupun pulau yang dihimpit godaan negara tetangga. Nusantara ini luas, ada banyak perubahan diluar sana. Kita mesti ambil bagian dalam perubahan itu.

Matahari mulai meninggi, anak-anak mulai berdatangan dengan riang. Sebelumnya, Relawan telah mengumumkan bahwa sepuluh anak pertama yang datang akan mendapatkan alat tulis. Riuh Suara anak-anak semakin membangkitkan semangat para relawan. Anak-anak adalah harapan Indonesia di masa depan. Literasi adalah jantung pengetahuan yang akan menguatkan mereka. Membacalah, maka NKRI semakin jaya.
Salam Literasi : Pustaka Iqra Sebatik (dok pribadi)

Relawan Pustaka Iqra Sebatik terdiri dari Guru SMPN 1 dan SMPN 2 Sebatik Barat. Pengelola Utama di Pustaka Iqra Sebatik adalah Suwaib, Teguh Prastyo, Wahyu Adi Wibowo dan Ashar. Selain itu, mereka juga dibantu oleh relawan lain yang menjadi tutor sesuai bidangnya masing-masing.

Buku-buku koleksi Pustaka Iqra Sebatik didapat dari berbagai penjuru Nusantara. Komunitas “Pustaka Bergerak” memberi andil luar biasa terhadap ketersediaan buku di Pustaka ini. Asosiasi Mahasiswa Sebatik (AMAS) Se-Jabodetabek pun tergugah dengan mengirimkan berbagai buku untuk adik-adik mereka. Begitu juga dengan komunitas “1001 Buku”, Relawan Nunukan dan berbagai komunitas literasi lainnya. Pengiriman buku didukung oleh “free Cargo Literacy” dari PT Pos Indonesia. Pengiriman buku gratis untuk simpul pustaka setiap tanggal 17.

Relawan Pustaka Iqra Sebatik (dok Pribadi)
Visi Pustaka Iqra Sebatik Untuk menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia dan cerdas melalui kegiatan literasi. Misi Pustaka Iqra adalah menumbuhkan minat baca generasi muda, Upaya menghindarkan generasi muda dari Narkoba dimana Sebatik merupakan salah satu jalur peredaran narkoba internasional.  Misi lainnya adalah sebagai sarana/prasarana untuk menyalurkan kreativitas generasi muda dalam bidang literasi.

Hingga menjelang siang, anak-anak sangat menikmati buku-buku yang mereka baca. Harapan mereka esok akan datang lagi, untuk membaca buku yang belum sempat dibaca hari ini. Sebuah pembuktian bahwa minat baca tak serendah yang disematkan oleh UNESCO, tetapi mereka hanya butuh bahan bacaan. Inilah tantangan besar para relawan, yakni menyediakan buku yang “segar”. Donasi dari sahabat sekalian se-Indonesia sangat dibutuhkan untuk penyegaran buku di Pustaka Iqra Sebatik.

Jika ada diantara sahabat sekalian yang ingin  mendonasikan bukunya, bisa di antar langsung ke Pustaka Iqra Sebatik Desa Setabu, Kecamatan Sebatik Barat Kabupaten Nunukan, Provinsi kalimantan Utara atau dijemput untuk wilayah Pulau Nunukan dan Sebatik.

Donasi buku dibawah 10 kg Juga Bisa dikirim gratis melalui Pos Indonesia setiap tanggal 17.

Alamat Pengiriman Donasi melalui PT Pos Indonesia bisa juga di Rumah Dinas SMPN 1 Sebatik Barat, Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Kode Pos 77444. Cp. +6282157272572 (Suwaib)
Salam Literasi.... 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon