April 28, 2018

Panduan membuat status facebook

Tags
Panduan ini saya buat untuk diri saya sendiri dan orang lain yang mau ikut waras. Mengingat Status facebook sudah tidak seperti awal-awal kehadirannya. Santai dan penuh lelucon.
Sekarang ada hukumnya semua. Ada "kri-tikus" bertebaran dimana-mana. Tidak boleh sembarangan bikin status.
Panduan ini untuk keamanan diri dan kenyamanan hidup. Mari kita langsung mulai saja.
Pertama
Jangan coba-coba membantah akun anonim. Karena akun anonim itu akan seenaknya mencela anda tanpa beban moral yang ditanggung pemiliknya.
Misalnya di Nunukan, ada akun anonim yang siap menjadikan anda tokoh meme. Beberapa teman facebook saya sudah jadi tokoh meme disitu.
Ada yang titelnya diganti-ganti. Ada yang jadi superhero. Siapa coba yang mau titel 14 semester di ganti kepanjangannya. Apalagi jadi superhero seperti wonderwomen. Ngeri pokoknya. Jangan dicoba.
*
Kedua
Jangan membela akun anonim, karena lawan-lawannya akan mencela anda dengan akun asli atau akun anonim juga.
Kembali ke contoh di Nunukan, akun anonim yang saya maksud pertama punya lawan akun anonim juga. Jadi kalo anda membela akun anonim satu maka anda akan dicela akun anonim lainnya lagi.
**
Ketiga
Jangan bingung dengan hal pertama dan kedua. Saya sarankan kalian jadi komentator bola saja. seperti saya, tapi ini butuh IQ lumayan lah 😂
Contoh komentar bola saya ada distatus sebelumnya. Silahkan dilihat-lihat dan tentu masuk akal.
***
Keempat
Hati-hati memasang foto di kronologi jika anda ASN. Misalnya pada musim politik, anda sebaiknya bertanya dulu sama teman foto. apakah dia calon legislatif atau kepala daerah sebelum berfoto dengannya.
Begitu juga saat lebaran, jangan sembarang berfoto dengan keluarga tanya dulu apakah dia calon di pemilu. Tidak ribetkan?
Selain itu, berfoselah dengan gaya datar saja. Ada kakak kelas saya di SMA dipanggil Bawaslu karena selfie dengan gaya "peace". Selfie gaya ini mengangkat dua jari. Kata Bawaslunya itu dukungan untuk calon bupati nomor dua. ASN tidak boleh foto seperti itu.
Saran gaya foto adalah gaya istirahat baris-berbaris. Tangan dibelakang, kaki agak dibuka sedikit. Dijamin tidak ada angka yang mewakili.
Kalau anda berfoto denga posisi siap, itu mirip nomor satu. Posisi jongkok dan duduk di kursi mirip nomor empat. Baring mirip nomor satu yang jatuh. Pokoknya jangan dicobalah, BAHAYA.
****
Kelima
Hindari tulisan berbau SARA. Kalau yang ini anda bisa kena hukum atau minimal status yang anda buat di-screenshoot. Tidak lupa juga Profil facebook anda kena screenshoot lalu disebarkan dengan tambahan tulisan "ini orangnya yang menghina "anu" kita, sebarkan biar pelakunya ditangkap".
Maka anda akan melihat komentar-komentar nama-nama binatang sampai perlakuan sadis yang anda akan terima. Ngeri kan?
*****
Keenam
Perhatikan waktu posting. Misalnya anda seorang muslim, posting status :
" Alhamdulillah sudah raka'at kedua maghribnya"
Uhhh... Anda akan di bully habis-habisan sampai ditunjukkan di neraka mana anda akan ditempatkan lengkap dengan siksaannya.
Kalau shalat, ya shalat aja gak usah buka facebook kali.
******
Demikian untuk sementara panduan ini. Ada kemungkinan akan saya tambah nantinya jika memungkinkan.
#2019gantistatus

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon