May 19, 2018

Saat Hati dan Kepala Jones Terluka

Tags
Foto : Daily star


(review final Piala FA MU vs Chelsea)

Jones adalah pemain paling menyedihkan di final piala FA 2018. Untungnya dia lolos dari kartu merah setelah melanggar Eden Hazard di kotak penalti. Ruginya,  penalti yang dihadiahkan wasit ini berujung gol sehingga Manchester United ketinggalan 1-0 sejak menit ke 13.

Kasihannya, Jones sebenarnya berusaha mengambil bola tetapi justru menjatuhkan Hazard penyerang Chelsea yang sedang berlari kencang. Pelanggaran yang dilakukannya bisa  dianggap kecelakaan/tidak begitu disengaja. Itulah mengapa Jones tidak diganjar kartu merah. Hal ini sesuai dengan aturan International Football Association Board (IFAB) yang melonggarkan ganjaran kartu merah sejak 2016.

Malang nasib Jones masih belanjut setelah sundulannya tidak berbuah gol. Seharusnya dia menebus kesalahan tetapi gagal menjadi gol. Begitu juga pemain MU lainnya yang tidak bisa mengkonversi begitu banyak peluang menjadi gol.

Di sisi lain, Chelsea memiliki kelebihan saat saat kehilangan bola. Chelsea memasang 5 pemain tengah untuk membantu pertahanan dan serangan balik cepat.  Terbukti dengan memasang gelandang sayap Marcus Alonso dan Victor Moses. Kedua pemain ini sama baiknya dalam bertahan dan menyerang.

Jones sebagai bek Manchester United sudah bekerja keras menghadang serangan balik Chelsea. MU memang punya possesion ball 67 %, tetapi 33 % milik Chelsea begitu efektif merepotkan barisan pertahanan MU.

MU mencoba menambah daya gedor dengan memasukkan Romero Lukaku dan Martial. Dua pemain tipe menyerang yang ternyata jUGa tidak mampu membuat gol.

Strategi mengulur waktupun dilakukan. Berlama-lama buang bola.  Kiper menahan bola agak lama,  atau chelsea yang sakitnya kelamaan kalau dilanggar. Selain strategi diatas, Chelsea juga melakukan pergantian pemain di masa injury time. Inilah yang bikin emosi pemaim dan fans MU. 

Nasib Jones memang sedang kurang baik. Pelipisnya malah robek saat berebut bola udara dengan Giroud. Lukanya harus dibalut hingga perbannya melingkari kepala.

Saya sangat berharap perban itu memberinya spirit bajak laut. Memburu harta karun berupa gol untuk timnya. Sayang sekali spirit yang saya harapkan tak nampak. Jones kemudian diganti oleh Juan Mata.

Kemalangan Jones memang harus dihentikan oleh Mourinho. MU sudah kalah. Luka di hati dan kepalanya sudah cukup untuk dibawa pulang. Jones kamulah man of match bagi saya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon