June 21, 2018

Argentina Masih Punya Peluang

Tags
foto : liputan6.com
Terbuktilah kritik keras Mario Kempes terhadap timnas Argentina. Legenda sepakbola Argentina ini menganggap Timnas Argentina diisi pemain asing, mereka bukanlah tim. Permainan ditumpukan pada performa Messi, padahal Messi juga bisa menurun performanya. Apalagi tidak bisa jadi penjaga gawang, bek, gelandang dan penyerang dalam waktu bersamaan.

Argentina bukan tim yang seimbang di segala lini. Mulai dari penjaga gawang, tim ini justru kehilangan Sergio Romero karena cedera. Walhasil,  dipasanglah Caballero sebagai kiper utama. Caballero malah memberi umpan indah kepada Rebic dimenit ke 53. Rebic sendiri adalah pemain Kroasia, lawannya di pertandingan ke-2 fase grup. Koplak.

Pemain terkenal di lini belakang hanya Otomendi, sedangkan lainnya tidak pernah masuk berita. Sama dengan lini tengah yang hanya menyisakan Mascherano, lainnya kualitas nomor dua. Buktinya bisa dilihat dari gol Modric di menit 80 karena penjagaan longgar. Kemudian gol Rakitic di menit 91 karena hanya Otomendi yang berusaha membantu penjaga gawang, lainnya lihat wasit.

Kontras dengan lini depan yang penuh dengan pemain bintang. Selain Messi ada juga Higuain, Aguero, Dybala, Dimaria bahkan bintang Inter Milan Icardi tidak dipanggil karena terlalu banyak penyerang. Sangat disayangkan tentunya.

Argentina seharusnya mencuri gol karena Kroasia juga tidak begitu kuat dinlini belakang. Aguero,  Higuain dan Messi seperti orang lain ketika membela negaranya, beda kalau membela klub. Messi sebagai pemain terbaik dunia tidak bisa berbuat apa-apa. Padahal,  banyak fans Argentina berharap pada sang bintang.

Tapi sekali lagi, Messi hanya satu dari 11 pemain. Sepakbola tidak sama dengan era Maradona. Sepakbola modern mengembangkan strategi dan taktik tim. Tidak lagi bertumpu pada satu pemain.

Apakah Argentina masih punya peluang?

Sebenarnya masih ada peluang untuk lolos fase grup. Syaratnya,  Nigeria harus menang melawan Islandia lalu Kroasia harus mengalahkan Islandia. Terakhir yang paling berat adalah Argentina harus menang melawan Nigeria. Huft... Ribet? tentu saja, siapa suruh Argentina tidak pernah menang.

Oh iya,  hampir lupa syarat lain. Messi harus belajar jurus Kage Bunshin Jutsu milik Naruto,  agar Messi menjadi banyak sehingga semua tim berisi pemain terbaik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon