September 09, 2020

5 Langkah Menyelesaikan Tugas Daring dari Guru

Pandemi Covid-19 memaksa perubahan pada aktivitas kita semua. Termasuk siswa yang harus belajar dari rumah. Belajar dari rumah adalah hal baru, siswa, bahkan orang tua kadangkala kebingungan. Kali ini kita akan membahas langkah-langkah sukses menyelesaikan tugas daring.


Berikut langkah-langkahnya :

1. Memperhatikan instruksi tugas

Langkah ini adalah langkah pertama yang harus kalian lakukan sebagai pelajar. Instruksi atau arahan guru sangat penting untuk dipahami terlebih dahulu. Jangan sampai kalian hanya membaca sekilas sehingga salah menafsirkan. Salah menafsirkan akan membuat tugas kalian tidak sesuai keinginan guru kalian. Mintalah bantuan dari orang dewasa di sekitar kalian untuk memhami instruksi tugas tersebut. Kalian juga dapat bertanya kepada guru dengan bahasa yang santun.

2. Menelusuri informasi

Setelah kalian memahami instruksi tugas dari guru, kalian lanjutkan dengan menelusuri informasi. Informasi yang dimaksud tentu saja berhubungan dengan tugas yang diberikan. Kalian dapat mencari informasi di buku atau internet. Mencari informasi di internet tentu saja di situs-situs terpercaya. Lebih baik mencari di situs yang direkomendasikan oleh guru kalian. Jika Tugas kalian berupa karya atau produk, sebaiknya mencari beberapa contoh karya atau produk. Temukanlah contoh produk terbaik untuk kalian jadikan referensi/rujukan.

3. Menyusun rencana

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana. Menyusun Rencana yang dimaksud termasuk mengatur waktu penyelesaian tugas. Apalagi jika ada bahan-bahan lain yang harus disiapkan. Tentu kalian harus merencanakan waktu mencari atau membeli bahan itu. Rencanakanlah apa yang akan kalian buat atau tuliskan ditugas kalian.

4. Membuat tugas

Langkah inilah yang sangat mempengaruhi kesuksesan kalian belajar daring atau menyelesaikan tugas. Carilah tempat yang nyaman bagi kalian untuk mengerjakan tugas. Melakukan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Kerjakan tugas dengan teliti. Gunakan waktu dengan baik dalam membuat tugas ini. Jangan sampai kalian menunda-nunda menyelesaikan tugas. Menunda mengerjakan tugas akan membuat tugas kalian menumpuk, Kalian akan kewalahan sendiri.

5. Menyerahkan atau mengirim Tugas

Setelah tugas selesai, maka kalian harus mengirim tugas ke guru kalian. Pengiriman tugas dapat dilakukan melalui media yang disepakati dengan guru. Sebelum mengirim, pastikan kalian menulis identitas di tugas kalian. Jangan lupa menyertakan kalimat santun saat mengirimkan tugasnya.

Langkah-langkah tadi dapat dilakukan secara berurut untuk menyelesaikan tugas dari sekolah selama masa pembelajaran daring. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar dari rumah. Tetap semangat.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon