July 08, 2017

Sikap dan Kebiasaan Belajar



1. Sikap dan Kebiasaan Belajar
Sikap  belajar adalah  kecenderungan peserta didik  untuk melakukan atau tidak melakukan kegiatan  belajar sebagai  dampak dari  pandangan dan perasaannya terhadap kegiatan  belajar (Yusuf, 2006:116). Apabila siswa memiliki pandangan positif bahwa belajar itu  penting untuk mengembangkan kualitas  diri dan merasa senang  terhadap kegiatan belajar, maka peserta  didik tersebut cenderung  akan melakukan kegiatan  belajar  dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya  apabila memandang  belajar  itu tidak  penting  dan tidak  menyenangkan, maka cenderung malas belajar.
Menurut Yusuf (2006:117), kebiasaan belajar merupakan perilaku peserta didik  yang  relatif menetap dalam aktivitas belajarnya  sebagai hasil pembiasaan  atau perilaku  yang  diulang-ulang. Sikap berbeda dengan kebiasaan, akan tetapi  ada hubungan antara  sikap  dan  kebiasaan, yaitu  sikap  dapat  dinyatakan  dalam kebiasaan   tingkah   laku   tertentu. 

Sikap  dan kebiasaan  belajar merupakan  perilaku  peserta didik  yang dilakukan  secara berulang-ulang  dan relatif  menetap dalam  kegiatan belajarnya, sebagai dampak dari perasaan dan pandangannya terhadap belajar. Sikap dan  kebiasaan belajar bisa positif  maupun  negatif,  tergantung  bagaimana  perasaan  dan  pandangannya terhadap kegiatan belajar. Dengan demikian sikap dan kebiasaan belajar merupakan hasil  proses   belajar melalui pembiasaan dan  proses kognitif, sehingga sikap dan kebiasaan belajar yang negatif dapat diubah  atau dimodifikasi melalui proses  belajar yang baru atau belajar kembali. 

2. Pengaruh Sikap dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar
Sikap  dan kebiasaan  belajar  merupakan  salah  satu  faktor  yang mempengaruhi  prestasi belajar atau mencapai tujuan pembelajaran (Makmun, 2009::165). Peserta didik yang memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif akan menunjukkan perilaku dalam kegiatan belajar secara efektif dan efisien, baik dalam merencanakan kegiatan belajar dan mengikuti kegiatan  belajar, memahami  dan penguasaan  materi. pelajaran, serta  mempersiapkan untuk  mengikuti ulangan  atau ujian.

Menurut Covey (2001:24) bahwa kebiasaan akan menjadikan seseorang sukses atau menghancurkannya, dan kebiasaan akan membentuk suatu karakter. Sikap  dan  kebiasaan  belajar yang  positif  akan membentuk karakter yang  baik  seperti  rajin, tekun dan disiplin,. tangguh dalam menghadapi hal-hal  yang megganggu kegiatan belajar  (bila menghadapi kesulitan   belajar, hambatan   emosional,   masalah   remaja   dan   stress), serta produktif, begitu pula sebaliknya. Sikap dan kebiasaan belajar tidak hanya mempengaruhi prestasi belajar, tetapi juga  akan mempengaruhi karakter seseorang. 

Baca Juga


3. Ciri-ciri Peserta Didik Dengan Sikap dan Kebiasaan Belajar yang Positif
Menurut Yusuf (2006:117) ciri-ciri perilaku peserta didik yang memiliki sikap kebiasaan belajar positif, antara lain:
  • Menyenangi pelajaran (teori dan praktek) dan senang mengikuti kegiatan pembelajaran yang diprogramkan oleh sekolah.
  • Masuk kelas tepat pada waktunya, memperhatikan penjelasan guru, dan mencatat pelajaran dalam buku khusus secara rapi dan lengkap.
  • Senang bertanya apabila tidak memahaminya dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan diskusi kelas.
  • Memiliki jadwal belajar yang teratur dan disiplin diri dalam belajar, serta mengerjakan tugas-tugas atau PR sebaik-baiknya.
  • Membaca buku-buku pelajaran secara  teratur dan senang membaca buku-buku lainnya, majalah, dan koran yang isinya relevan  dengan pelajaran, serta meminjam buku-buku keperpustakaan untuk menambah wawasan keilmuan 
  • Ulet atau tekun dalam melaksanakan pelajaran maupun praktek dan tidak mudah putus asa apabila mengalami kegagalan dalam belajar

4. Identifikasi Sikap dan Kebiasaan Belajar
Cara mengidentifikasi sikap dan kebiasaan belajar peserta didik sama dengan cara identifikasi pada materi pembelajaran perkembangan peserta didik. Dalam melakukan inventori sikap dan kebiasaan belajar bisa bekerja sama dengan guru BK. 

5. Implikasi dalam Pembelajaran: 
Sikap  dan  kebiasaan merupakan  suatu  faktor  yang menentukan keberhasilan peserta didik dalam bidang akademik dan keberhasilan hidup di masa depan, maka :
  • Jadi model/teladan  dengan memiliki sikap positif terhadap pekerjaan seperti disiplin, rajin, semangat, senang membaca buku, dsb
  • Rancang pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan mudah dipahami
  • Ciptakan iklim belajar yang kondusif   yang memudahkan siswa  untuk mengembangkan  sikap dan  kebiasaan belajar yang baik.
  • Berikan informasi manfaat materi yang akan diajarkan dalam kehidupan  sehari-hari,   studi lanjut, dan pekerjaan terbangun  sikap positif terhadap mata pelajaran.
  • Tingkatkan sikap dan kebiasaan belajar dengan pembiasaan dan disiplin yang disertai konsekuensi yang mendidik.
  • Bersikap menerima dan bijak terutama kepada peserta didik yang sikap dan kebiasaan belajarnya  negatif.
  • Kerjasama dengan wali kelas, guru BK dan orangtua peserta didik untuk meningkatkan sikap dan kebiasaan belajar peserta didik.
Sumber : Modul GP SMP PPPPTK IPA 2016

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon