July 08, 2017

Perkembangan Fisik dan Kesehatan Peserta Didik

foto : mamdziecko
Pemahaman pendidik terhadap kondisi fisik peserta didik sangat penting, karena dalam kegiatan belajar tidak hanya melibatkan proses mental saja, akan tetapi melibatkan kegiatan fisik. 

Menurut Makmun (2009:95) normalitas dari konstitusi, struktur, dan kondisi jasmaniah seorang anak akan mempengaruhi normalitas kepribadiannya, khususnya yang bekaitan dengan masalah citra diri  (body–image),  konsep diri  (self-concept),  dan  harga diri (self-esteem). 

Selain itu terlalu cepat atau keterlambatan dalam mencapai kematangan pertumbuhan fisik dan kesehatan juga akan menimbulkan permasalahan terhadap sikap dan perilaku peserta didik pada umumnya, dan khususnya pada kegiatan belajar.

1. Perkembangan Fisik remaja Awal

Masa remaja adalah   masa yang begitu penting  dalam hidup manusia, karena masa tersebut terjadi proses awal kematangan organ reproduksi manusia yang disebut sebagai masa pubertas. 

Matangnya organ reproduksi memungkinkan remaja pria mengalami mimpi basah dan remaja wanita mengalami haid pertama  atau menarche (Yusuf, 2006:7). 

Pubertas tidak sama dengan masa remaja, akan tetapi pubertas merupakan awal yang penting yang menandai masa remaja. 

Masa remaja awal (early.dolescence) berlangsung  di masa SMP atau SMA, dan perubahan pubertas terbanyak terjadi pada  masa ini (Santrock,2007:20). 

Selanjutnya Hurlock (2003:188) menyatakan bahwa pubertas adalah suatu periode  dimana terjadi pertumbuhan yang cepat dan perubahan proporsi tubuh yang mencolok.

2. Ciri-ciri Perkembangan Fisik Remaja  dan Keanekaragaman Proporsi Tubuh

Selama masa remaja terjadi perubahan-perubahan pada seluruh tubuh, baik bagian  dalam maupun bagian luar tubuh, baik perubahan struktur tubuh maupun fungsinya. 

Faktanya hampir semua bagian tubuh perubahannya mengikuti irama yang tetap, sehingga waktu terjadinya  dapat diperkirakan sebelumnya. Perubahan tersebut nampak jelas pada masa remaja awal.

Perubahan-perubahan fisik yang penting dan yang terjadi pada masa remaja menurut Sunarto (2002:82) adalah (1)  perubahan  ukuran tubuh; (2) tubuh yang kurang proporsional; (3) ciri kelamin primer; (4) ciri kelamin sekunder. 

Perbedaan proporsi tubuh di  antara remaja disebabkan percepatan pertumbuhan dan proses kematangan seksual.

Baca Juga


3. Dampak Perubahan Fisik 
Perubahan fisik pada masa remaja berpengaruh terhadap keadaan fisik dan psikologis remaja, diantaranya terhadap  aspek emosional, sosial maupun kepribadian. 

Hal ini akan memberikan pengaruh terhadap karakteristik sikap dan perilaku remaja.: Menurut Ridwan (2004: 118-119) beberapa pengaruh perubahan fisik terhadap sikap dan perilaku, yaitu :
  • Ingin menyendiri. Remaja mulai menarik diri dari teman-temannya dan dari berbagai kegiatan keluarga.
  • Bosan. Remaja mulai bosan dengan permainan yang sebelumnya amat digemari, bosan dengan tugas-tugas sekolah, kegiatan-kegiatan sosial dan kehidupan pada umumnya. 
  • Inkoordinasi. Pertumbuhan pesat dan tidak seimbang mempengaruhi pada koordinasi gerakan. remaja merasa canggung  dan janggal selama beberapa waktu.
  • Antagonisme Sosial. Remaja seringkali tidak mau bekerja sama, sering membantah dan menentang, bermusuhan antara dua jenis kelamin.
  • Emosi yang meninggi. Kemurungan, merajuk, ledakan amarah dan kecenderungan untuk menangis.
  • Hilangnya kepercayaan diri. Remaja banyak yang mengalami rendah diri karena kritik yang bertubi-tubi datang dari orang tuanya
  • Terlalu Sederhana Remaja berpenampilan sangat sederhana karena takut orang lain akan memperhatikan perubahan tubuhnya dan memberi komentar yang buruk. 

4. Cara Mengidentifikasi  Pertumbuhan Fisik dan Kesehatan Fisik Peserta Didik
Cara mengidentifikasi kondisi dan kesehatan fisik peserta didik di dalam kegiatan belajar mengajar sama dengan cara identifikasi pada materi pembelajaran kemampuan intelekual

5. Implikasi dalam Pembelajaran

Normalitas jasmaniah,  keterlambatan, atau  terlalu cepatnya  dalam mencapai kematangan  dalam  pertumbuhan fisik serta kesehatan  dapat menimbulkan permasalahan terhadap sikap dan perilaku peserta didik pada umumnya dan pada kegiatan belajar khususnya. Berikut ini hal yang dapat dilakukan guru.  
  • Miliki data kondisi fisik dan kesehatan setiap peserta didik, dan memperhatikan kesehatan peserta didik pada awal  pembelajaran..
  • Beri perhatian khusus kepada peserta didik yang mengalami gangguan panca indera
  • Miliki  pemahaman yang empatik kepada peserta didik yang memiliki penyakit kronis/bawaan dan tubuh kurang normal seperti cacat fisik. 
  • Kerja sama dengan guru BK,  wali kelas, dan orangtua, serta dengan tenaga ahli (dokter dan psikolog) jika diperlukan penanganan khusus.
  • Bimbing peserta  didik untuk mensyukuri keadaan  fisiknya dan bagaimana memelihara kesehatan serta menggunakan tubuhnya secara efektif. 
Sumber : Modul GP SMP PPPPTK IPA 2016 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon